Seleksi Minat Bakat PPG Pra-Jabatan Bersubsidi 2017

Seleksi Minat Bakat PPG Pra-Jabatan adalah seleksi minat, bakat dan kepribadian serta sikap dan penampilan calon mahasiswa PPG Pra-jabatan. Teknis pelaksanaan Seleksi Minat Bakat PPG Pra-Jabatan adalah dalam bentuk wawancara. Pelaksanaan wawancara sesuai dengan kelompok yang terdiri dari lima orang peserta dengan satu orang pewawancara. Dan pelaksanaannya diatur sesuai jadwal (tempat dan waktu) yang telah ditentukan.

Pelaksanaan Seleksi Minat Bakat PPG Pra-Jabatan

Teknis pelaksanaan seleksi minat bakat PPG Pra-Jabatan bersubsidi 2017 dilaksanakan dalam bentuk wawancara. Pelaksanaan wawancara berlangsung selama satu jam untuk setiap kelompok. Menggunakan strategi Focus Group Discussion (FGD) yaitu dengan langkah-langkah seperti berikut:

  1. Pewawancara bertindak sebagai moderator, diawali dengan menyajikan suatu kasus. Seperti tentang permasalahan pendidikan di Indonesia.
  2. Peserta mendiskusikan kasus tersebut.
  3. Semua peserta diberikan kesempatan untuk menganalisis dan memberikan saran/solusi alternatif.
  4. Pewawancara mengamati dan memberikan penilaian kepada peserta.
  5. Biasanya pewawancara menggali informasi dari setiap peserta untuk melengkapi data yang lebih komprehensif berkaitan dengan semua aspek penilaian wawancara

Dokumen Persyaratan Seleksi Minat Bakat PPG

Adapun dokumen yang WAJIB dibawa pada saat pelaksanaan Wawancara PPG Pra-Jabatan 2017 antara lain:

  1. Kartu Peserta Seleksi Bakat Minat
  2. Ijazah atau SKL
  3. Transkrip Nilai
  4. Kartu Identitas (KTP)
  5. Surat Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang;
  6. Sehat jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  7. Sehat rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  8. Surat Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian; dan
  9. Surat Pernyataan Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa.

Kisi-kisi Penilaian Seleksi Minat Bakat PPG

Aspek penilaian wawancara merupakan panduan/pedoman/kisi-kisi penilaian dalam seleksi wawancara minat bakat PPG. Adapun kisi-kisi penilaian dalam seleksi wawancara minat bakat PPG Prajabatan Bersubsidi 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Wawasan dan pengetahuan tentang Keguruan. Meliputi: Landasan Yuridis Guru dan Kualifikasi serta Kompetensi Guru.
  2. Motivasi; Meliputi: Alasan untuk menjadi Guru Profesional (termasuk minat/keterpanggilan jiwa), Kesiapan untuk menjadi guru, dan Tunjukkan kesungguhan/spirit untuk menjadi guru profesional.
  3. Bakat dan Kepribadian; Meliputi: (a) Jiwa yang Stabil; (b) Berwibawa; (c) Santun; (d) Konsisten; (e) Percaya Diri; dan (f) Prestasi yang pernah diraih.
  4. Sikap/Penampilan Diri; Meliputi: (a) Penampilan sebagai sosok pendidik; (b) Cara berpakaian; (c) Gaya berbicara/kemampuan berkomunikasi; (d) Postur dan kesamaptaan.

JADWAL: Seleksi Minat Bakat PPG Pra-Jabatan Bersubsidi 2017 akan diselenggarakan pada hari Kamis s.d Sabtu, 13 s.d 15 Juli 2017. Adapun penjadwalan dan tempat pelaksanaan Seleksi Wawancara PPG Prajabatan di LPTK Penyelenggara akan diumumkan pada Kamis, 6 Juli 2017 melalui laman ppg.ristekdikti.go.id

225 thoughts on “Seleksi Minat Bakat PPG Pra-Jabatan Bersubsidi 2017

  • June 24, 2017 at 11:53 am
    Permalink

    Terimakasih, dapat sedikit pencerahan

    Reply
  • June 24, 2017 at 11:46 pm
    Permalink

    Dipengumuman dulu tes seleksi minat dan bakat dilaksanakan online,
    Yg benar yg mana?

    Reply
    • June 26, 2017 at 12:12 pm
      Permalink

      Informasi terakhir (1 hr sebelum berita ini diterbitkan) teknis seleksi minat bakat dilaksanakan dalam bentuk wawancara. Sumber: POB seleki penerimaan calon mahasiswa PPG Pra Jabatan Bersubsidi 2017.
      Terimakasih

      Reply
  • June 29, 2017 at 10:50 pm
    Permalink

    selamat malam, mau tanya seandainya lolos tes bakat minat ppg subsidi pra jabatan jdwal kuliah perdana mulai tanngal berapa?

    Reply
    • July 1, 2017 at 1:53 am
      Permalink

      Sehubungan dengan dibukanya kembali pendaftaran PPG gelombang kedua, diundurnya pengumuman hasil tes online, dan ditetapkannya seleksi minat, bakat dan kepribadian yang akan dilaksanakan tanggal 13 s.d 15 Juli 2017. Yang tadinya Awal perkuliahan PPG dimulai tanggal 5 Juni 2017, akan diundur dan diumumkan dalam waktu dekat. Mohon maaf, hingga saat ini kami belum mendapatkan revisi jadwal/tanggal awal pelaksanaan kuliah PPG prajabatan bersubsidi 2017. Terimakasih.

      Reply
  • June 30, 2017 at 7:18 am
    Permalink

    Artikel yang menarik. Tapi, apakah dlm seleksi minat bakat ini, juga menerapkan sistem lolos atau tdk bagi peserta ?

    Reply
    • July 1, 2017 at 2:02 am
      Permalink

      Terimakasih @Hernah. Sepengetahuan kami, yang namanya seleksi pasti menerapkan sistem lolos dan gugur. Saran kami saat pelaksanaan seleksi wawancara minat bakat sampaikan cita-cita (Visi hidup), dan alasan mengapa memilih guru sebagai profesi sebaik mungkin. Serta tunjukkan komitmen, semangat, dan kepribadian terbaik-mu. Semoga lolos dan jadi guru profesional.

      Reply
  • June 30, 2017 at 2:53 pm
    Permalink

    Terimakasih atas informasinya. Nanti permasalahan pendidikan yang akan dibahas itu surprise saat dilaksanakan wawancara atau sudah di berikan beberapa hari sebelum wawancara min?

    Reply
    • July 1, 2017 at 2:13 am
      Permalink

      Berdasarkan pengalaman seleksi wawancara PPG jalur SM3T, “permasalahan pendidikan” yang akan dibahas akan disampaikan pada saat pelaksanaan wawancara. Permasalahan pendidikan terkait apa dan ke arah mana, tergantung pewawancara. Semoga membantu, dalam persiapan diri menghadapi seleksi wawancara minta bakat PPG Prajabatan bersubsidi 2017. Terimakasih.

      Reply
  • June 30, 2017 at 3:59 pm
    Permalink

    Maaf di wab tesmi seleksi minat bakat dalam bentuk online. Mohon disertakan sumbernya. Terima kasih

    Reply
    • July 1, 2017 at 2:38 am
      Permalink

      Artikel ini merupakan ringkasan POB (Prosedur Operasional Baku) Seleksi Minat, Bakat, dan Kepribadian PPG Bersubsidi 2017 yang kami dapatkan dari panitia seleksi. Mohon maaf, kami tidak memiliki/mendapatkan izin untuk mempublikasikan dokumen POB seleksi wawancara minat bakat PPG ini. Harapan kami, mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan sedikit gambaran bagi teman-taman yang akan mengikuti seleksi minat bakat dan kepribadian PPG. Terimakasih.

      Reply
  • July 1, 2017 at 4:56 am
    Permalink

    Artikel yang disajikan sangat bermanfaat.

    Saya ingin bertanya, adakah tips dan trik yang perlu siapkan peserta untuk dapat lolos seleksi minat bakat nanti?
    dan apakah nanti hanya dalam bentuk FGD atau ada microteaching?

    Terimakasih.

    Reply
    • July 4, 2017 at 12:55 am
      Permalink

      Menurut kami, tidak perlu tips dan trik khusus untuk menghadapi seleksi minat bakat PPG 2017. Yang perlu disiapkan adalah antara lain mental, motivasi, komitmen, cita-cita/semangat/spirit untuk menjadi guru profesional, serta Wawasan dan pengetahuan tentang Keguruan. Selain itu, Dokumen persyaratan WAJIB dilengkapi dan dibawa pada saat seleksi minat bakat.

      Apakah pelaksanaan seleksi dalam bentuk FGD? Tergantung pewawancara. Namun kemungkinan besar dalam bentuk FGD. Terimakasih.

      Reply
  • July 1, 2017 at 11:12 am
    Permalink

    Terima kasih infonya. Tadinya sempat mencari-cari materi seleksi minat dan bakat, dan nemu artikel ini…. semoga bisa lulus seleksi selanjutx.

    Reply
    • July 4, 2017 at 12:55 am
      Permalink

      Aamiin, semoga bisa menjadi guru profesional.

      Reply
  • July 2, 2017 at 1:31 pm
    Permalink

    Apakah dari setiap grup itu isinya orng orang nya mempunyai jurusan yg sama semua atau berbeda2 ya??

    Reply
    • July 4, 2017 at 1:00 am
      Permalink

      Dari POB yang dikirim panitia seleksi, kami tidak menemukan ketetapan dalam satu group berisi calon mahasiswa satu jurusan atau berbeda jurusan. Ploting jadwal (tempat dan waktu) peserta akan diumumkan pada tanggal 6/7 juli 2017 melalui situs ppg.ristekdikti.go.id. Trims.

      Reply
  • July 2, 2017 at 6:35 pm
    Permalink

    perkuliahan PPG ini akan dilaksanakan dimana ya?

    Reply
    • July 4, 2017 at 1:10 am
      Permalink

      Terimakasih Venya, pertanyaan ini mewakili 7333 calon mahasiswa PPG Pra-Jabatan Bersubsidi 2017 se-Indonesia yang lolos tes online. Perkuliahan PPG 2017 akan dilaksanakan di LPTK yang ditunjuk kelembagaan ristekdikti. Dan mohon maaf, hingga saat ini kami belum mendapatkan informasi terkait kampus/LPTK mana saja yang sudah ditunjuk untuk melaksanakan perkuliahan PPG Pra-Jabatan Bersubsidi 2017 ini. Terimakasih.

      Reply
  • July 2, 2017 at 8:27 pm
    Permalink

    Selamat malam.. Terimakasih untk info nya…
    Saya ingin bertanya… Setelah saya melakukan finalisasi dokumen, ternyata masih ada 2 dokumen yg belum berhasil terupload. Apakah hal ini tidak masalah??

    Reply
    • July 4, 2017 at 1:15 am
      Permalink

      Selain tiga syarat utama seleksi administrasi (Foto, Ijazah/SKL, dan Transkrip) yang diupload pada saat mendaftar, Dokumen persyaratan lainnya WAJIB DIBAWA dan diverifikasi panitia seleksi secara offline sebelum pelaksanaan tes wawancara minat bakat, Terimakasih.

      Reply
  • July 4, 2017 at 8:39 am
    Permalink

    Terkait finalisasi dokumen, apakah peserta yg sudah dinyatakan lolos tahap tes online diwajibkan menfinalisasi kembali dokumenya ketika akan mengikuti tes bakat minat? Apa hanya membawa persyaratan yg sudah tercantum di laman dikti?. Terimakasih

    Reply
    • July 5, 2017 at 10:49 pm
      Permalink

      Finalisasi dokumen dilakukan pada saat pendaftaran. Adapun dokumen persyaratan yang tercantum di laman ppg.ristekdikti.go.id WAJIB DIBAWA pada saat seleksi minat bakat untuk diverifikasi secara offline oleh panitia seleksi. Saran kami, bawa juga dokumen aslinya. Semoga membantu, terimakasih.

      Reply
  • July 4, 2017 at 6:16 pm
    Permalink

    Berapa kuota yang disediakan untuk mahasiswa prajabatan bersubsidi? Terimakasih ^_^

    Reply
    • July 5, 2017 at 10:58 pm
      Permalink

      Mohon maaf hingga saat ini kami belum mendapatkan informasi valid terkait kuota yang tersedia untuk PPG Prajabatan Bersubsidi 2017. Terimakasih

      Reply
  • July 5, 2017 at 7:10 pm
    Permalink

    SYALOM SELAMAT MALAM…. banyak dari yang lolos seleksi punya satu pertanyaan. Bagaimana dengan registrasinya ??? soalnya banyak yang masih takut kalau kemahalan ? mohon dibalas

    Reply
    • July 5, 2017 at 11:10 pm
      Permalink

      Terimakasih Fany, pertanyaan ini mewakili seluruh peserta yang lolos seleksi dan bahkan seluruh calon pendaftar PPG prajabatan. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, maksud dari PPG prajabatan Bersubsidi ini adalah peserta akan mendapatkan subsidi pendidikan dari pemerintah sebesar Rp. 7.500.000/semester/orang (semoga kami tidak keliru). Subsidi tersebut khusus untuk biaya pendidikan (bisa dikatakan free registrasi). Hanya saja untuk biaya hidup, akomodasi serta komsumsi selama PPG sepenuhnya ditanggung oleh peserta. Semoga membantu

      Reply
  • July 5, 2017 at 8:49 pm
    Permalink

    terima kasih atas infonya, sangat membantu dan bermanfaat.

    saya ingin menanyakan, apakah Perkuliahan PPG bersubsidi ini nantinya wajib berasrama ? dan apakah ppg prajabatan ini sama dengan PPG SM3T ? yang nantinya lulusan dari ppg prajabatan ini diletakkan di daerah 3T ?

    terima kasih.

    Reply
    • July 5, 2017 at 11:29 pm
      Permalink

      Terimakasih Desi, pertanyaannya bagus sekali. Dikarenakan 2017 ini adalah angkatan pertama program PPG Prajabatan Bersubsidi, lagi-lagi pertanyaan ini mewakili seluruh peserta yang lolos tes online dan bahkan seluruh calon pendaftar PPG di Indonesia. Dan sekali lagi kami mohon maaf hingga saat ini kami belum mendapatkan informasi valid terkait pertanyaan desi ini. Jika teman-teman/pembaca sekalian ada yang lebih mengetahui, dimohon bisa di-share di kolom komentar untuk kejelasan kita bersama, Terimakasih.

      Reply
  • July 6, 2017 at 9:26 am
    Permalink

    Terimakasih artikel yang sangat bermanfaat. Pertanyaan saya adalah didalam satu grup FGD terdiri dari 5 orang, apakah pewawancara hanya memilih satu terbaik yang berhasil lolos dalam tes terakhir PPG susidi ini? atau mungkinkah memilih 2 atau 3 orang terbaik dalam setiap grup? dan bagaimana jika misalnya grup 1 terdiri dari 5 orang yang memiliki visi, bakat, minat, keterampilang, dan kemauan yang sangat baik untuk menjadi guru profesional sedangkan grup 2 tidak sebaik grup 1, apakah mungkin grup 1 kelima pesertanya dapat lolos? mengingat setiap pendapat pewawancara berbeda-beda. Mohon pencerahannya, terimakasih. Wasalam.

    Reply
    • July 6, 2017 at 10:35 pm
      Permalink

      Terimakasih Ela Magfirah Ramadhani yang sudah memberikan beberapa kemungkinan-kemungkinan siapa yang paling berpeluang lolos seleksi. Sepertinya dari prodi Matematika ini 😀 Semoga bisa jadi guru (matematika) yang profesional ya Ela 🙂
      Lalu, siapa yang paling berpeluang lolos? Secara teori adalah mereka/orang-orang/peserta yang memenuhi kriteria untuk menjadi guru profesional. Apa kriterianya? Itulah yang menjadi instrumen penilaian dalam tes minat bakat ini. Pewawancara akan memberikan nilai pada setiap calon peserta PPG. Dengan kata lain, semua berpeluang lolos seleksi minat bakat. Tunjukkan visi, motivasi, komitmen, cita-cita/semangat/spirit untuk menjadi guru profesional, serta Wawasan dan pengetahuan tentang Keguruan. PENTING untuk DIINGAT: JANGAN RAGU! Semoga membantu, Terimakasih.

      Reply
  • July 6, 2017 at 3:42 pm
    Permalink

    terima kasih informasinya
    yang ingin saya tanyakan, jika seandainya kita lulus pada seleksi bakat dan minat ini tahapan apa lagi yang harus dilalui. juga kapan perkuliahan perdananya.?

    Reply
    • July 6, 2017 at 10:49 pm
      Permalink

      Seleksi bakat minat adalah tahapan terakhir untuk menjadi peserta/mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsidi. Inti dari proses ini adalah pelaksanaan perkuliahan PPG prajabatan yang akan mengantarkan peserta/mahasiswa PPG menjadi guru profesional yang bersertifikat dan bergelar Gr. Dan untuk pelaksanaan awal kuliah PPG Prajabatan Bersubsidi 2017, mohon maaf hingga saat ini kami belum mendapatkan informasinya.

      INFO TAMBAHAN
      DIUNDUR KEMBALI: Penjadwalan dan tempat pelaksanaan Seleksi Bakat dan Minat PPG Prajabatan 2017 akan diumumkan pada SENIN, 10 JULI 2017 di website LPTK Penyelenggara, Terimakasih.

      Reply
  • July 7, 2017 at 7:00 am
    Permalink

    selamat pagi. trimakasih atas informasinya yang sangat membantu. saya mau bertanya, apakah pada saat test bakat dan minat itu semua persyaratannya harus di sertakan semua? trus saya dalam pengurusan SKCK keperluannya untuk kelengkapan berkas beasiswa, bolehkah? atau harus ditulis untuk PPG Prajabatan bersubsidi. . thanks

    Reply
    • July 7, 2017 at 11:13 am
      Permalink

      Semua dokumen persyaratan WAJiB DiBAWA pada saat seleksi minat bakat, dokumen ini akan diverifikasi oleh tim verifikator. Sepengetahuan kami, verifikasi untk surat keterangan adalah isi surat menerangkan apa dan masa berlaku surat. Jika dirasa perlu, SKCK bisa diperbaharui. Terimakasih

      Reply
  • July 7, 2017 at 9:36 am
    Permalink

    Sangat bermanfaat info yg disajikan…
    Sya lhat di situs resmi pengumuman tempat dan waktu tes bakat dan minat tgl 6 juli.. tpi sampai hri ini belum ada jadwal yg keluar. Apakah jadwalnya diundur ?. mohon pencerahannya admin… terima kasih

    Reply
    • July 7, 2017 at 10:27 am
      Permalink

      Informasi terbaru yang kami terima, pengumuman terkait jadwal (waktu dan tempat) seleksi bakat minat diundur sampai hari senin tgl 10 juli 2017 di website resmi LPTK penyelenggara seleksi. Terimakasih dan harap dimaklumi

      Reply
  • July 7, 2017 at 11:47 am
    Permalink

    Selamat siang..
    Saya mau tanya, kenapa ya saya dan teman saya tidak bisa mencetak kartu tes minat dan bakat yang ada di web ppg.ristekdikti.go.id.
    Padahal kami berdua dinyatakan lolos tes online.
    Saya sudah mencoba menggunakan laptop yg berbeda tapi tetap tidak bisa. Ketika saya gunakan hp dg aplikasi internet dia bisa di download tp isi filenya hanya berupa kode”. Saya sudah mengirim email sebanyak 2 kali ke email ppg prajabatan tapi tidak ada respon. Mohon bantuan informasinya. Terima kasih

    Reply
    • July 7, 2017 at 1:55 pm
      Permalink

      Selamat siang ai, sampai 2x jg kirim komentar ke sini 😀 kami balas 1 sj ya.
      Sepengetahuan kami, kartu peserta seleksi minat bakat bisa dicetak setelah ploting jadwal (tempat dan waktu) seleksi minat bakat. Ploting jadwal seleksi minat bakat akan dilaksanakan pd hari senin, 10 juli 2017 (diundur dr tgl 6 juli 2016) semoga bisa dipahami, terimakasih.

      Reply
  • July 7, 2017 at 12:01 pm
    Permalink

    Selamat siang…
    Saya ingin bertanya, kenapa ya saya dan teman saya tidak bisa mencetak kartu tes minat dan bakat?
    Padahal kami dinyatakan lulus di web ppg.ristekdikti.go.id.
    Saya sudah mencoba menggunakan laptop yang berbeda tetapi tidak mau. Ketika saya menggunakan hp dg aplikasi internet file kartu mau di download tapi ketika dibuka filenya berbetuk kode”, meski file saya pindah ke laptop tetap berbentuk seperti itu. Saya sudah mengirim email ke ppg prajabatan sebanyak 2x tetapi tidak ada respon. Mohon bantuan informasinya. Terima kasih.

    Reply
  • July 7, 2017 at 2:33 pm
    Permalink

    Selamat sore
    Terimakasih atas informasi yang sangat membantu.
    saya ingin bertanya, apakah test seleksi minat bakat yg diselenggarakan kamis s/d sabtu, 13 s/d 15 akan diundur juga?
    mengingat pengumuman penjadwalan test minat bakat kamis, 6 juli diundur menjadi senin, 10 juli 2017.
    terimakasih

    Reply
    • July 7, 2017 at 4:21 pm
      Permalink

      Hingga saat ini kami belum mendapatkan info terkait rencana perubahan jadwal pelaksanaan seleksi bakat minat PPG. Besar kemungkinan pelaksanaan seleksi bakat minat sesuai jadwal 13 s.d 15 juli 2017, Terimakasih.

      Reply
  • July 7, 2017 at 8:09 pm
    Permalink

    Minta pencerahan. Saya bulan mei kan sudah mencari sarat seperti surat bebas narkoba skck dll. Apakah sekarang msh bisa dipakai? Soalnya dulu kan syarat sempat berubah..

    Reply
    • July 7, 2017 at 8:54 pm
      Permalink

      Mohon maaf ganjar, kami tdk bisa menjawab dengan pasti terkait surat keterangan yg memiliki batas waktu seperti ini. Saran kami disampaikan saja kepada panitia seleksi bahwa surat ini dibuat pd saat akan mendaftar PPG tahap 1 kemarin. Jika kami menjadi verifikator, kami akan menerima dokumen seperti ini. Semoga semua panitia seleksi terutama tim verifikasi data dapat menerima dokumen seperti ini, Terimakasih.

      Reply
  • July 8, 2017 at 2:09 am
    Permalink

    Informatif sekali, saya ingin bertanya apakah saat pendidikan berasrama peserta dijinkan pulang pd hari sabtu dan minggu?

    Reply
    • July 10, 2017 at 9:03 pm
      Permalink

      Mohon maaf, sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi tentang pelaksanaan PPG bersubsidi apakah berasrama atau tidak. Jika berasrama seperti PPG SM3T, setiap hari sabtu minggu ada kegiatan tambahan (sabtu minggu tidak diperkenankan pulang). Terimakasih.

      Reply
  • July 8, 2017 at 6:28 pm
    Permalink

    Artikel yg sangat membantu, terima kasih banyak..
    Ada beberapa yg ingin saya tanyakan, apakah keaktifan dalam berdiskusi juga termasuk penilaian? Kemudian penampilan selayaknya seorang guru profesional maksudnya bagaimana? Apakah harus mengenakan kemeja putih dgn bawahan hitam ato boleh menggunakan batik?
    Dan yg terakhir, sy sudah mendownload penjadwalan namun prodi yg tertulis atas nama sy prodi kepariwisataan. Sedangkan dari awal sy memilih teknik kimia. Apakah ini mempengaruhi saat tes? Dan bagaimana kelanjutan nya?
    Terima kasih banyak sebelumnya.. 🙂
    Mohon maaf pertanyaan nya banyak.

    Reply
    • July 10, 2017 at 9:41 pm
      Permalink

      Terimakasih Azmi Widaswari, pertanyaannya sangat baik sekali. Semoga jawaban dari kami ini bisa menjelaskan dengan baik dan benar pula 😀
      1. Keaktifan dalam berdiskusi?
      Dalam seleksi bakat minat dan Kepribadia PPG Prajabatan Bersubsidi tahun 2017 ini, pewawancara memberikan kesempatan menjawab/menjelaskan kepada setiap peserta/calan mahasiswa PPG (bukan siapa cepat ia dapat). Jawablah pertanyaan pewawancara secara tepat (jelaskan dengan pengetahuan yang dilandasi dengan sumber data yang tepat). Jika diminta untuk memberikan tanggapan/menyanggah jawaban dari peserta lain, tanggapilah secara santun sebagaimana tata cara berdiskusi.

      2. Penampilan seorang guru profesional?
      Cukup berpenampilan rapi, bersih, dan tenang, serta tunjukkan sikap dengan bahasa tubuh yang tepat dan tidak berlebihan.

      3. Pakaian?
      Bebas rapi, bersih, sopan layaknya seorang guru.

      4. Linearitas program studi?
      Dalam seleksi administrasi kemarin, linearitas program studi sangat menentukan. Misalkan lulusan S1/D4 Kepariwisataan tidak linear dengan teknik kimia. Hal ini sangat berpengaruh kedepannya. saran kami, hubungi panitia setempat untuk cross-check data diri dengan program studi pilihan PPG.

      Semoga membantu.

      Reply
  • July 10, 2017 at 11:52 am
    Permalink

    Selamat siang
    Saya mau bertanya apakah surat kesehatan jasmani dan rohani bisa di urus melalui puskesmas???
    Apakah harus dari rumah sakit umum???
    Terima kasih

    Reply
    • July 10, 2017 at 9:48 pm
      Permalink

      Terimakasih Dian Pranata. Sepengetahuan kami, surat keterangan sehat jasmani dan/atau rohani diberikan oleh orang/lembaga yang berkompeten di bidangnya. Sebagai contoh, surat keterangan sehat jasmani bisa diberikan oleh Dokter Umum (dari Puskesmas atau Rumkit umum). Untuk SK sehat rohani, jika di Puskesmas ada Dokter yang ahli dibidang kesehatan rohani tidak mengapa diurus di Puskesmas. Semoga membantu.

      Reply
  • July 10, 2017 at 4:41 pm
    Permalink

    Selamat sore kak, mau tanya berdasarkan komentar2 sebelum nya untuk tes bakat dan minat PPG Pra jabatan 2017 itu wawancara atau FGD

    Khusus jurusan PJKR itu ada tes praktik, tes praktik nya itu yg seperti apa kak?
    apakah ada jg tes seperti FGD setiap kelompok nya 5 orang untuk jurusan PJKR

    Karna Jurusan PJKR tesnya berbeda dengan jurusan yang lain nya

    Terimakasih 🙂

    Reply
    • July 10, 2017 at 10:01 pm
      Permalink

      Terimakasih Adwianiro Muliansyah, berdasarkan informasi yang kami terima pelaksanaan seleksi bakat minat dan kepribadian dilaksanakan dalam bentuk wawancara secara FGD (Ditanya satu-satu seperti wawancara dalam satu Group Diskusi yang Fokus membahas suatu permasalahan pendidikan).

      Khusus untuk prodi PJKR akan dilaksanakan FGD dilanjutkan dengan praktek lapangan. Praktek lapangan nya seperti apa? seperti tes bidang PJKR umumnya (Lari, push-up, seat-up, dan lain-lain tergantung pewawancara).

      Semoga membantu.

      Reply
  • July 10, 2017 at 9:29 pm
    Permalink

    Selamat malam
    Saya mau bertanya apakah pembuatan surat sehat jasmani dan rohani boleh dilakukan di puskesmas ataukah harus dirumah sakit umum?
    Mohon info secepatnya dong
    Terima kasih

    Reply
    • July 10, 2017 at 10:10 pm
      Permalink

      Sudah dijawab di atas Triani.

      Sepengetahuan kami, surat keterangan sehat jasmani dan/atau rohani diberikan oleh orang/lembaga yang berkompeten di bidangnya. Sebagai contoh, surat keterangan sehat jasmani bisa diberikan oleh Dokter Umum (dari Puskesmas atau Rumkit umum). Untuk SK sehat rohani, jika di Puskesmas ada Dokter yang ahli dibidang kesehatan rohani tidak mengapa diurus di Puskesmas.

      Semoga membantu.

      Reply
  • July 10, 2017 at 11:44 pm
    Permalink

    assalamualaikum, ingin bertanya , berapakah kuota peserta masing-masing setiap LPTK penyelenggara,
    dan apakah yang memilih LPTK sebagai tempat tes akan di alihkan ke LPTK lain karena melebihi kuota, terimkasih.

    Reply
    • July 11, 2017 at 9:59 pm
      Permalink

      Waalaikumsalam, maaf fandi terkait kuota dan pelaksanaan perkuliahan PPG kami belum mendapatkan informasinya dengan pasti. Sepengetahuan kami untuk PPG Prajabatan Bersubsidi tahun 2017 ini diseleksi berdasarkan passing grade, agar seimbang antara kualitas guru profesional dengan kebutuhan guru di Indonesia yang masih tinggi. Terimakasih.

      Reply
  • July 11, 2017 at 12:31 am
    Permalink

    Assalamualaikum, Ingin tanya Lagi, Apakah Tes Bakat Minat dan Keperibadian , bagi yang Jurusan Bahasa Inggris harus memakai Bahasa Inggris saat tes?

    Reply
    • July 11, 2017 at 10:01 pm
      Permalink

      Waalaikumsalam Fandi lagi, iya khusus program studi bahasa inggris seleksi bakat minat dan kepribadian akan menggunakan bahasa inggris oleh pewawancara dari dosen bahasa inggris. Terimakasih.

      Reply
  • July 11, 2017 at 6:20 am
    Permalink

    Nanya donk min,
    Saya kan download POB utk tes CBT sama Minat Bakat. Di form untuk minat bakat yg di pegang pewawancara itu ada poin 2.2 isinya kesiapan untuk menjadi guru di seluruh penjuru Indonesia.
    Menurut mimin apakah lulusan PPG prajabatan nantinya itu sejenis ikatan dinas yg diharuskan mengabdi di suatu tempat?
    Terima kasih

    Reply
    • July 11, 2017 at 10:15 pm
      Permalink

      Terimakasih Ardi, sepengetahuan kami tidak ada ikatan dinas untuk mahasiswa/lulusan PPG Prajabatan. Maksud dilaksanakan PPG ini adalah untuk menghasilkan guru yang profesional. Sebagai seorang yang profesional dalam profesi apa pun akan dan harus siap ditempatkan dimana pun sesuai profesinya. Semoga jelas

      Reply
  • July 11, 2017 at 8:47 am
    Permalink

    Selamat pagi bro! Nanti seleksi minat bakat kelulusannya di ranking IPK gak ya????

    Reply
    • July 11, 2017 at 10:23 pm
      Permalink

      Terimakasih Rian Saputra, sebagaimana seleksi administrasi pada saat mendaftar, IPK menjadi salah satu syarat penting dalam kelulusan (untuk PPG Prajabatan minimal IPK 3,00). Dalam seleksi Bakat minat dan kepribadian ini, IPK akan menjadi salah satu aspek penilaian (prestasi yang pernah diraih).

      Reply
  • July 11, 2017 at 2:30 pm
    Permalink

    Terimakasih info nyaa …
    Assalamualaykum, apakah surat keterangan sehat rohani n jasmani bisa dijadikan 1 surat saja?
    Dan apakah kalau surat keterangan tersebut dibuat di rumah sakit bhayangkara diperbolehkan atau harus dr rumah sakit jiwa?

    Reply
    • July 11, 2017 at 10:59 pm
      Permalink

      Wa’alaikumsalam, Terimakasih Sri Risky Ramadani atas pertanyaannya.
      Surat keterangan sehat jasmani adalah Surat keterangan dari dokter yang menerangkan seseorang sehat secara jasmani, sedangkan Surat keterangan sehat rohani adalah Surat yang menerangkan bahwa seseorang sehat secara rohani. Untuk menerangkan sehat secara jasmani ataupun rohani tentu dengan indikator yang berbeda. Saran kami, surat keterangan tersebut dibuat terpisah saja.

      Reply
  • July 11, 2017 at 2:37 pm
    Permalink

    Tetapi, di rumah sakit bhayangkara surat keterangan sehat jasmani n rohani nya digabung. Dan ditanda tangani oleh dokter umum..
    Bagaimana itu pak?

    Reply
  • July 11, 2017 at 5:35 pm
    Permalink

    Assalamualaikum selamat sore, apakah jurusan bahasa inggris tes MBK nya juga dalam bahasa inggris? Terimakasih.

    Reply
  • July 12, 2017 at 6:56 am
    Permalink

    Permisi saya mau tanya.. jadi seleksi nya hanya dalam bentuk wawancara ya?

    Reply
    • July 12, 2017 at 10:08 pm
      Permalink

      Seleksi bakat minat dan kepribadian PPG Prajabatan bersubsidi 2017 dilaksanakan dalam bentuk FGD, yaitu diskusi, wawancara kelompok, wawancara individu, dan observasi. Khusus untuk program studi PJOK/PJKR/Penjaskes dilanjutkan dengan praktek lapangan. Trims

      Reply
  • July 12, 2017 at 7:51 am
    Permalink

    Selamat pagi kak, Mau tanya kembali hehe
    Program PPG ini kedepan nya bagaimana pendidikan nya yaa??
    Terutama bagi para peserta yg sudah mengajar disekolah sekolah?

    Apakah harus keluar dr tmpat bekerja untuk mengikuti pendidikan PPG tersebut atau ada semacam dispensasi untuk para peserta yg sudah bekerja mungkin pendidikan nya hari jum’at-minggu ?

    Terimakasih 🙂

    Reply
    • July 12, 2017 at 10:16 pm
      Permalink

      Mohon maaf kembali Adwianiro Muliansyah, untuk pelaksanaan perkuliahan PPG Prajabatan Bersubsidi ini kami belum mendapatkan informasi dengan pasti.
      Untuk peserta yang sudah mengajar, coba saja mendaftar PPG Dalam Jabatan tahun depan (pendaftaran tahun 2017 sudah ditutup), siapa tau mendapatkan tugas/izin belajar dari sekolah. PPG Prajabatan Bersubsidi ini diperuntukkan kepada peserta yang baru lulus S1/D4 dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan, terimakasih 😀

      Reply
  • July 12, 2017 at 11:29 am
    Permalink

    Terima kasih atas artikelnya, sangat membantu bagi para pelamar PPG. Thumbs Up

    Reply
  • July 12, 2017 at 3:28 pm
    Permalink

    Kalau salah satu berkas tidak ada misalnya surat keterangan kesehatan rohani, bagaimana? Apakah tidak bisa ikut tes minat dan bakat? Terima kasih

    Reply
    • July 12, 2017 at 10:46 pm
      Permalink

      Ada jeda beberapa minggu antara pengumuman kelulusan tes online dengan seleksi bakat minat, mengapa tidak melengkapi dokumen persyaratan? Saran kami, jelaskan kepada panitia setempat alasan rizky anggraeni tidak mengurus surat keterangan sehat rohani, semoga bisa dibantu untuk tetap mengikuti seleksi minta bakat, trims.

      Reply
  • July 12, 2017 at 10:11 pm
    Permalink

    Assalamualaikum min.. mau tanya untuk berkas yg dibawa saat tes seleksi bakat dan minat seperti SKCK, surat bebas napza dll, apakah yg dijilid itu harus asli semua atau fotocopy nya?

    Reply
    • July 12, 2017 at 10:50 pm
      Permalink

      Wa’alaikumsalam, semua persyaratan yang wajib dibawa adalah dokumen asli. Boleh fotocopy yang sudah dilegalisir. Terimakasih Rick Olvire.

      Reply
  • July 13, 2017 at 7:10 am
    Permalink

    Selamat pagi admin, mau tanya di web kan di infokan baru saja kalau tes memakai baju putih.. kalau adane baju model perawat belakang ada kancingnya, masalah tidak ya ? Terima kasih.

    Reply
    • July 13, 2017 at 8:10 pm
      Permalink

      Terimakasih nana, untuk pakaian bebas yang penting rapi, santun dan terlihat seperti seorang guru 😀

      Reply
  • July 13, 2017 at 2:55 pm
    Permalink

    Min kalau tes minat dan bakatnya sdh selesai, kira-kira pengumuman kelulusannya kapan?

    Reply
    • July 13, 2017 at 8:13 pm
      Permalink

      Mohon maaf Mufidah Yasrah, untuk pengumuman kelulusan kami belum mendapatkan kapan tanggal pastinya. Kalau mengira-ngira, mungkin sebelum agustus 😀

      Reply
  • July 15, 2017 at 10:25 pm
    Permalink

    Kenapa ya website ppg ristekdikti tidak dapat diakses? Yg bermasalah internet saya atau laman yg diakses? Terimakasih

    Reply
    • July 16, 2017 at 2:20 pm
      Permalink

      Kemarin ada sedikit masalah dengan web nya, sekarang sudah bisa diakses kembali. Trims

      Reply
  • July 17, 2017 at 12:34 pm
    Permalink

    Assalamualaikum min.
    Pengumuman tes bakat, minat, dan kepribadian kira-kira kapan?
    Dan dapat diakses di mana ya?
    Ditunggu jawabannya ya min
    Terima kasih

    Reply
  • July 17, 2017 at 1:19 pm
    Permalink

    Untuk pengumuman test bakat minat diumumkan melalui web ppg atau lptk masing2?
    Thanks.

    Reply
  • July 18, 2017 at 5:37 pm
    Permalink

    Met mlm mau tanya mba….. Klw Seandainya lulus…. Kira2 perkuliahan nya ppg bersubsidi Kpn. Trimakasih

    Reply
  • July 18, 2017 at 7:19 pm
    Permalink

    Apakah biaya kuliah PPG Prajabatan bersubsidi sebesar 7,5jt/semester/orang sesuai dengan biaya kuliah yang kita laksanakan di LPTK ? Atau biaya tersebut hanya bantuam saja dan selebihnya kita biaya kuliah persemester sendiri diluar dari akomodasi,biaya hidup, dll.

    Terima kasih banyak, admin 🙂

    Reply
  • July 19, 2017 at 6:02 am
    Permalink

    Selamat pgi admin. Apa Benar kalau mulai perkiliahannya 1 sept min?

    Reply
  • July 19, 2017 at 8:29 am
    Permalink

    Assalamualaikum, mw tanya ni , bagi yang menggunakan SKL apakah harus wajib segera melempirkan Ijazah setelah tes MBK. bagaimana bagi yang ijazahnya belum keluar?

    Reply
  • July 19, 2017 at 1:39 pm
    Permalink

    Assalamualaikum.. Sudah ada bocoran untuk tanggal pengumuman kelulusan tes minat bakat belum min? Hehe

    Reply
  • July 19, 2017 at 8:31 pm
    Permalink

    assalamualaikum.mohon maaf admin,mau tanya. saya dapat info ppg sm3t ada kegiatan akademik spt workshop dan ppl, kegiatan kepramukaan dan kegiatan non-akademik.apakah itu termasuk mata kuliah yang disubsidi? mohon pencerahannya min. terima kasih

    Reply
  • July 19, 2017 at 8:32 pm
    Permalink

    assalamualaikum.mohon maaf admin,mau tanya. saya dapat info ppg sm3t ada kegiatan akademik spt workshop dan ppl, kegiatan kepramukaan dan kegiatan non-akademik.apakah untuk ppg prajabatan bersubsidi 2017 ini kegiatan tsb termasuk mata kuliah yang disubsidi? mohon pencerahannya min. terima kasih

    Reply
  • July 20, 2017 at 7:29 am
    Permalink

    Assalamualaykum..
    Pak, bagaimana dgn pengumuman tes wawancara minat bakatnya? Apakah sudah ada tanda2 mau keluar?

    Reply
  • July 21, 2017 at 9:50 am
    Permalink

    Assalamu’alaikum.. kira-kira udah ada bocoran pengumuman hasil tes minat dan bakat belum min? 🙂

    Reply
  • July 23, 2017 at 4:33 pm
    Permalink

    Assalamualaikum… min kira2 pengumuman kapan keluar ?

    Reply
  • July 25, 2017 at 3:06 pm
    Permalink

    Assalam.
    Kapan pengumuman tes minat bakat y?

    Reply
  • July 26, 2017 at 8:44 am
    Permalink

    Assalamulaikum
    Min, kapan pengumuman minat dan bakat ya min?

    Reply
  • July 30, 2017 at 7:20 pm
    Permalink

    Selamat malam admin. . .
    pengumuman test minat bakat PPG bersubsidi kapan diumumkan?

    Reply
  • August 3, 2017 at 11:24 am
    Permalink

    Assalamualaikum…mohon bantuan nya min..mengenai penempatan perkuliahan akan dilaksanakan di daerah asal ..atau tempat dimana kita tes? terimakasih

    Reply
  • August 6, 2017 at 1:12 pm
    Permalink

    Mohon kepastiannya apakah pengumuman hasil seleksi bakat minat dan kepribadiannya sudah keluar atau belum?

    Reply
  • August 7, 2017 at 11:04 am
    Permalink

    mohon info kapan akan diumumkan mengenai seleksi bakat minat? sudah 3minggu berlalu sejak tes belum juga muncul hasil. terima kasih.

    Reply
  • August 9, 2017 at 9:58 am
    Permalink

    Mohon dong informasi mengenai pengumuman final ppg prajabatan bersubsidi. Sebenarnya kegiatan ini jadi terlaksana atau tidak? Sudah hampir sebulan tp pengumuman tak kunjung ada. Ditambah lagi untuk ppg dalam jabatan sudah mulai masuk masa kuliah. Terimakasih min.

    Reply
  • August 9, 2017 at 6:01 pm
    Permalink

    Assalamualaikum, banyak yg sudah mengeluh tentang kepastian pengumuman hasil minat bakat, tolong untuk tgl nya bisa diberitahu min, karena mempertimbangkan juga yg daftar dr luar kota, terimakasih

    Reply
  • August 12, 2017 at 11:28 am
    Permalink

    Assalamualaikum, Kapan pengumuman seleksi minat dan bakat ya?

    Reply
  • August 18, 2017 at 6:30 pm
    Permalink

    Pak maaf sebelumnya ??
    Pengumuman seleksi minat dan bakat kapan ya pak

    Reply
  • August 19, 2017 at 4:08 pm
    Permalink

    Assalamualaikummaaf, informasi hasil minat dan bakat keluar kapan? Dan bisa diakses dmn? Terimakasih

    Reply
  • August 19, 2017 at 7:37 pm
    Permalink

    Mohon maaf, hingga saat ini kami belum mendaptkan informasi terkait pengumuman kelulusan PPG prajabatan bersubsidi.

    Reply
  • August 24, 2017 at 5:50 am
    Permalink

    kapan pengumuman final ny ppg pra jabatan?? atau sdh ad yg pengumuman?

    Reply
  • August 24, 2017 at 10:57 pm
    Permalink

    Saya juga tiap hari buka web.ny tp blm ada pengumuman. Kirim email ke penyelenggara jg gak ada blsan. Sabar aja dulu, sekalian berdoa supaya lulus ppg.

    Reply
  • August 25, 2017 at 4:53 pm
    Permalink

    selamat sore, pengumuman ppg prajabatan kapan ya, mohon infonya, terima kasih 🙂

    Reply
  • August 29, 2017 at 8:56 am
    Permalink

    Mohon maaf Apakah sudah ada kejelasan terkait kelanjutan seleksi PPG prajabatan 2017? Setelah mengorbankan waktu, pikiran, uang dan semangat antusias ketika mengikuti seleksi dan melengkapi syarat²nya,

    Reply
  • August 30, 2017 at 11:11 pm
    Permalink

    Admin tolong beri kejelasan mengenai hasi akhir atau pengumuman akhir dari ppg prajabatan bersubsidi 2017 ini? Karena sudah lebih dari 1 bulan kami semua menunggu jawaban tersebut.

    Reply
  • August 30, 2017 at 11:46 pm
    Permalink

    Mohon maaf kami juga belum mendapatkan informasi yang jelas dari ristekdikti pusat terkait pengumuman akhir PPG Prajabatan bersubsidi 2017 ini

    Reply
  • August 30, 2017 at 11:59 pm
    Permalink

    Kasian adminnya padahal cuma mau memberi info aja loo. Buat teman” yg juga menunggu pengumuman final ppg. Coba saja minta kejelasan melalui kontak email ppg prajabatan. Kontakny bisa dilihat di home web ppgristekdikti. Ada paling bawah. Teman” bisa email kontak trsbut utk bertanya. Mungkin akan segera dijawab bila bnyk teman” yg bertanya.

    Reply
    • August 31, 2017 at 12:29 am
      Permalink

      Terimakasih staarr atas pengertiannya. Kami juga sudah mencoba menghubungi panitia seleksi pusat via WA, namun belum juga mendapat kejelasan.. tetap bersabar dan berdoa supaya pengumuman final ppg prajabatan 2017 segera diumumkan.

      Reply
  • August 31, 2017 at 12:38 am
    Permalink

    Saya berdoa supaya lulus ppg prajabatan min. Engga apa” pengumumannya agak lama, asal lulus. Ameenn.

    Reply
  • September 1, 2017 at 10:16 am
    Permalink

    Tapi apakah mungkin ppg ini dibatalkan?

    Reply
  • September 1, 2017 at 8:47 pm
    Permalink

    Rasanya panitia penyelenggara merugikan dan sangat tidak berkomitmen kalau benar dibatalkan. Yang dirugikan bukan ratusan, rapi ribuan orang pendaftar di seluruh indonesia. Biaya yg dikeluarkan utk memenuhi syarat, menuju tempat tes, belum lg kalo asal peserta dri luar daerah lptk pnyelenggara. Tenaga dan waktu. Dan pasti banyak teman” yg menunda mencari pekerjaan dan lainnya karena menunggu keputusan final ppg prajabatan.

    Reply
  • September 2, 2017 at 3:57 pm
    Permalink

    gundah gulana menunggu hasil ppg prajabatan min, kasian kami yang dari luar kota utk tesny…..help info min,sdh di email tapi ga ada respon

    Reply
  • September 5, 2017 at 6:35 am
    Permalink

    Website ini sangat membantu sebelum tes minst dan bakat.
    Adminnya juga sangat sabar menanggapi kecemasan dan kekesalan para peserta karena hasil yang tak kunjung keluar.
    Semoga admin sehat dan bahagia selalu. Semoga hasilnya juga keluar secepatnya. Aamiin

    Reply
  • September 5, 2017 at 5:14 pm
    Permalink

    Yg saya takutkan program ini seperti program Indonesia Pembelajar yg sampai sekarang infonya “belumada kabar”

    Reply
  • September 6, 2017 at 11:02 am
    Permalink

    Sangat-sangat tidak jelas. Ini sudah hampir 2 bulan. Mau sampai kapan nunggu dan nunggu tetus??

    Reply
  • September 6, 2017 at 3:10 pm
    Permalink

    Trims admin atas perhatianny.
    Bagi kami yg hrs nyebrang 3 selat tuk ppg ini dan terpaksa bersabar tuk tidak pulang sampai pengumuman, serta merelakan pekerjaan kami, komentar admin ini sangat2 melegakan hati.

    Tetap semangat min

    Reply
  • September 6, 2017 at 8:33 pm
    Permalink

    AdoW… PPG Prajab ini batal kha bagaimana ini? Su tunggu lama2 di luar daerah baru… Barang kita peserta PPG Prajab ini biayai brgkat kluar daerah n menunggu hasil yg tak jelas ntah kemana ini pake daun daun di pohon jadi…!!!
    Kalau batal tuw menunjukan betapa plin planx kementrian …

    Reply
  • September 7, 2017 at 10:39 am
    Permalink

    Masih menunggu kepastian. Tanya via email dan sosmed ditjen belmawa blm ada tanggapan .. Bagaimana kelanjutannya? Mhn info bagi yg tau .
    Masih ttp sabar menunggu.

    Reply
  • September 9, 2017 at 5:27 pm
    Permalink

    hayoo dunk di segerakan pengumumannya, kalo sampai tanggal 15 juga belum pengumuman tepat 2 bulan kami tanpa arah dan tujuan. sedihnya kami 🙁

    Reply
  • September 10, 2017 at 5:24 pm
    Permalink

    Saya liat di panduan pendaftaran perkuliahannya awal september, tp sekarang sudah mau pertengahan bulan belum ada pengumuman resmi, jadi bagaimana ini. Apa mungkin program ppg bersubsidi ini dibatalkan

    Reply
  • September 11, 2017 at 11:48 am
    Permalink

    Semoga penantian 2 bulan ini tidak sia2..amin

    Reply
  • September 12, 2017 at 6:59 pm
    Permalink

    Sebelumny terimakasih buat admin https://www.dkampus.com
    Sudah mau menanggapi aspirasi kami.
    Kalau boleh sy meminta, tlg sampaikan pertanyaan, keluhan serta aspirasi kami ini kepada pihak panitia terkait PPG PRAJAB 2017.
    karena jujur, penantian inii sangat mempengaruhi kegiatan luar yg seharusnya bs kami ikuti/lakukan.
    Dan tak dapat dipungkiri segi materi pun sudah tak sedikit yg kita keluarkan. Terimakasih

    Reply
  • September 12, 2017 at 7:09 pm
    Permalink

    Maaf teman-teman, sumber informasi kami juga masih silent. Tetap semangat yaa, yang terbaik untuk kita semua, amiin.

    //Kami juga sudah mencoba menghubungi Panitia pusat via WA, tapi masih belum mendapat tanggapan dan jawaban.
    //Sekilas info: Akhir bulan Agustus 2017 kemarin, ada pertemuan para Petinggi (LPTK dan Belmawa/Kelembagaan) terkait penetapan final program studi PPG yang akan dibuka di LPTK penyelenggara PPG. Semoga dengan ditetapkannya penyelenggaraan program studi PPG di LPTK penyelenggara PPG, penetapan final kelulusan PPG Prajabatan Bersubsidi segera diumumkan, Aamiin.

    Terimakasih.

    Reply
  • September 13, 2017 at 6:32 pm
    Permalink

    Terima kasih min , mudah mudahan pengumuman nya di bulan ini

    Reply
  • September 13, 2017 at 8:10 pm
    Permalink

    Trima kasih Admin, yang selalu setia menjawab2 semua pertanyaan, semoga Admin sehat selalu dan sukse teruss,,,
    Sabar dan sabar, itulah yang sedang kita latih saat ini, semoga membuahkan hasil yang diinginkan. PANTANG PULANG sebelum hasil pengumuman PPG Prajabatan.
    #Salam dari Aceh

    Reply
  • September 14, 2017 at 9:03 pm
    Permalink

    Min, web ppgristekdikti kena hack ya? Coba deh dibuka web.ny. mgkn ada yg emosi saking lamanya pengumuman.

    Reply
  • September 14, 2017 at 11:24 pm
    Permalink

    Sepertinya, WEB PPG diHack ya???

    Reply
  • September 16, 2017 at 8:15 am
    Permalink

    Alhamdulillah kalau sudah ada pertemuan para petinggi, semoga pengumuman final ppg prajab ini akan segera keluar.
    Admin makasih banyak infonya dan sudah mau menjawab pertanyaan” kami. Semoga sehat dan sukses selalu
    Kita mah apa nanya lewat email telpon kadak pernah direspon sama panitia ppg :v

    Reply
  • September 16, 2017 at 5:43 pm
    Permalink

    Pak admin,, mau nanyak ini sama pak admin,, apa benar gak pak admin ada kabar” angin kami dengar disini bahwasanya pengumuman ppg itu sepertinya masih lama dan itu akan diumumkan berbarengan sama mahasiswa SM3T yg mau PPG di ruangan jugak,,, jadi initinya mahasiswa PPG PRAJAB sama PPG SM3T bakalan sama,, dan itu akan dimulai di bulan 2 katanya,,,,
    Sedih kali dengar info angin ini min, 🙁
    Mohon info pak admin yg kami banggakan 🙁

    Reply
    • September 17, 2017 at 9:07 pm
      Permalink

      Terimakasih hasibuan sudah menambah kabar angin sepoi-sepoy tentang pengumuman PPG Prajabatan bersubsidi di sini. Kabar angin ini sangat menyedihkan, namun apa daya? Semoga hanya kabar angin yang bertiup lalu lewat, wuuussshhh..

      Ada pula kabar angin segar yang kami terima dari forkom Dekan LPTK, bahwa awal oktober 2017 akan diumumkan PPG Prajabatan bersubsidi 2017. Dan terakhir, pada hari ini 17/09/2017 kami mendapat kabar angin pusat, yang mengabarkan bahwa semoga minggu depan kelulusan PPG Prajabatan bersubsidi 2017 bisa diumumkan.

      Demikian kabar-kabar angin yang kami terima dalam beberapa hari ini, semoga bisa menyegarkan semangat teman-teman semua..

      Reply
  • September 16, 2017 at 9:51 pm
    Permalink

    min sya mau tnya, tdi kan saya cb login ke akun ppg, username sama password udah bener, tapi malah gagal login,, katanya password nya salah, tolong konfirmasinya min

    Reply
  • September 17, 2017 at 3:40 pm
    Permalink

    Sudah direset password tapi masih saja responnya, login gagal pasword salah,, sebenrnya pengumuman ppg ini kapan ya? Sya smpe udah mau resign kerja demi ppg

    Reply
  • September 17, 2017 at 9:04 pm
    Permalink

    Iya min mau log in akun PPG kok malah salah password nya yah , padahal bener . apa ada gangguan min . mohon pencerahan nya. Nuhun

    Reply
  • September 18, 2017 at 6:24 am
    Permalink

    Amiin ya robbal’alamin, akhirnya ada kejelasan, semoga bener minggu dpn ya, atau awal oktober…trimakasih min…

    Reply
  • September 18, 2017 at 10:46 am
    Permalink

    Wahhh hehehe alhamdulillah lah kalo gitu pak admin,, info ini sangat melegakan pak admin 🙁 info ini ibarat minum sirup marjan ditengah hausnya kerongkongan min :D,, mudah”an kabar angini ini menjadi kenyataan,, PPG prajab diumumkan minggu depan,, dan dibarengi dengan kelulusan kepada semua kawan” tentunya 🙂 aminn.
    Sekali lagi terimakasih pak admin yg sudah setia selalu mendampingi dan mengabari…
    Hidup bapak admin..
    Horasssssss
    Salam dari medan bapak admin 🙂

    Reply
  • September 18, 2017 at 3:01 pm
    Permalink

    terima kasih infonya min. semoga menjadi pencerahan, semoga bukan cuma angin segar tapi kenyataan segar. dan semoga lulus. amiiin

    Reply
  • September 19, 2017 at 7:26 am
    Permalink

    semoga benar yang ditunggu-tunggu lekas datang dan semoga penantian selama ini berbuah kelulusan. AAMIIN… oh iya saya juga mencoba log in di web ppg.ristekdikti.go.id tetapi hasilnya login gagal pasword salah, padahal username dan password sudah benar. mohon info min. terima kasih

    Reply
  • September 19, 2017 at 8:42 am
    Permalink

    Semoga minggu depan aja pengumumannya dan semoga lulus semua amiiiin.
    Terima kasih admin infonya sangat melegakan 😀

    Reply
  • September 24, 2017 at 9:01 pm
    Permalink

    Loh iya. Punya ku juga gagal login. Pasword salah. Mungkin lagi trouble kali ya…

    Reply
  • September 25, 2017 at 8:09 am
    Permalink

    Min katanya pengumuman minggu depan tepatny awal oktober,,, pengumumannya diumumkan keseluruhan,, namun sistem pengangkatanyya dibagi jadi dua tahap,, angkatan pertama oktober ini angkatan ke 2 februari tahun 2018 ini… valid nggak info ini min ???? Mohon respon dan penjelasannya Pak admin 🙂

    Reply
  • September 25, 2017 at 8:47 pm
    Permalink

    Mohon maaf untuk permasalahan login kami belum mengetahui dengan pasti, karena kami tidak memiliki akses/akun untuk login. Mohon info, apakah ada teman-teman yang bisa login?

    Terimakasih ahmadrafif sudah menambahkan info pengumuman serta pelaksanaan PPG Prajabatan ini. Namun, sekali lagi kami mohon maaf, kami belum mendapatkan hasil pertemuan pimpinan LPTK dengan belmawa minggu kemarin. Jadi kami belum tau juga apakah info ini valid atau tidak. Masih tetap berharap, selalu yang terbaik bagi kita semua, aamiin.

    Reply
  • September 25, 2017 at 8:55 pm
    Permalink

    Belum bisa log in min. Selalu salah password ktany, pdhl udh yakin bgt bener.

    Reply
  • September 26, 2017 at 9:49 am
    Permalink

    Kalau boleh tau baca infonyaa dimana ahmad??

    Reply
  • September 26, 2017 at 10:48 am
    Permalink

    Makasih info update-an-nya min. Iya memang kayanya semua gabisa login min.

    Reply
  • September 26, 2017 at 3:58 pm
    Permalink

    iya nih aku juga gak bisa login, password salah :'(

    Reply
  • September 26, 2017 at 4:54 pm
    Permalink

    Semoga benar pengumuman dlam waktu dekat ini

    Reply
  • September 27, 2017 at 6:58 am
    Permalink

    Info darimana ya dibagi jadi 2 angkatan?

    Reply
  • September 29, 2017 at 1:08 pm
    Permalink

    Terimakasih setiap infonya, maaf admin apakah ada tanggal pasti yg bisa kita tunggu? Karena menunggu dalam ketidakpastian ini sangat tidak mengenakan. Untuk melangkah tidak bisa, efek menanti. Harap info y Admin. Terimakasih

    Reply
  • September 29, 2017 at 4:01 pm
    Permalink

    Kapan ya pengumuman ppgnya??

    Reply
  • September 30, 2017 at 8:37 am
    Permalink

    Pagi admin,maaf ni mau nanya kira2 pengumuman hasil final PPG ini kapan ya ?
    Katanya akhir bulan september ini kan,tapi hari ini udah hari terakhir dalam bulan september.
    Kita semua yang ikut PPG ini sepertinya di PHPin sama dikti soalnya gak jelas juga pengumumannya
    Mohon kejelasannya admin,makasih

    Reply
  • September 30, 2017 at 11:29 am
    Permalink

    nitip kangen kawan,, semoga sehat salalu :v
    eh nitip oleh-oleh aja sedulur: boleh melipir ke link sebelah/tetangga, mangga diramaikeuun
    => https://www.lapor.go.id/pengaduan/1861728/pendidikan-tinggi-(dikti)/informasi-pengumuman-final-seleksi-ppg-pra-jabatan-bersubsidi-2017.html

    laporannya ditunggu di home office sedulur: https://www.dkampus.com/2017/06/seleksi-minat-bakat-ppg-pra-jabatan-2017/
    mari kita buat kolom komentar home office jadi overload,, 😀
    piss pak admin :shakehand

    tetap semangat saudara/i seperjuangan
    horas…

    Reply
  • September 30, 2017 at 8:49 pm
    Permalink

    Min website ppg kena hack lucu min wkwk buruan buka

    Reply
    • September 30, 2017 at 10:22 pm
      Permalink

      Iya ni, langsung di screen shoot buat kenang-kenangan 😀
      hack ppg prajabatan

      Reply
  • September 30, 2017 at 8:56 pm
    Permalink

    Webside Uda Dihacker Lagiiii

    Reply
  • September 30, 2017 at 10:49 pm
    Permalink

    Maaf teman-teman, hingga kini kami masih belum mendapatkan tanggal pasti pengumuman ppg prajabatan.. kami juga sudah kehabisan kata-kata.. Semoga kita tidak kehabisan kesabaran yaa..

    Silahkan kolom komentar dipergunakan untuk update informasi, disampaikan dengan santun yaa.. semoga bermanfaat. Piss :shakehand Terimakasih :thumb

    Oya, ini titipan kang makruf ==> https://www.lapor.go.id/pengaduan/1861728/pendidikan-tinggi-(dikti)/informasi-pengumuman-final-seleksi-ppg-pra-jabatan-bersubsidi-2017.html silahkan diramaikeun 🙂

    Reply
  • October 1, 2017 at 5:55 am
    Permalink

    LEMBAGA SEBESAR DIKTI KO BEGINI…
    Mari viralkan….

    Reply
  • October 1, 2017 at 6:09 am
    Permalink

    korban FIRST TRAVEL ala DIKTI….
    selamat buat DIKTI….

    Reply
  • October 1, 2017 at 9:57 am
    Permalink

    didalam web lapor.go.id pun sudah banyak yg melapor dan jawaban sama semua berisi seperti ini :
    Yth. Saudara Pelapor
    Terima kasih atas pertanyaan Saudara.
    Untuk bisa mendapatkan Informasi Program PPG bersubsidi dapat di lihat melalui :
    1. web : http://ppg.ristekdikti.go.id
    2. web LPTK – LPTK di seluruh Indonesia
    3. Melalui email sdvp.dibela@gmail.com
    Atas kerja sama dan kesabaran Sauadara, kami ucapkan terima kasih.
    Salam.

    tindak lanjut laporan yg mungkin sedikit melegakan namun dalam ketiga point diatas semuanya dilihat dan dihubungi tanpa ada jawaban . mengecek web resmi web lptk hasilnya nihil masih tetap tanpa perubahan informasi . ditanyakan melalui email pun tidak ada balasan tentang informasi ppg .
    sungguh mungkin pihak belmawa hanya mampu membuka mata tanpa membuka telinga untuk merespon kegelisahan kita semua . mereka hanya bisa melihat kegelisahan kita semua tanpa memberi solusi untuk kepastian pengumuman ppg .
    “terimakasih atas kesabaran” kurang sabar apa kami peserta ppg digantung selama 2 bulan lebih . pertanyaan besar untuk pihak ristekdikti . apakah kendala engkau wahai lembaga yang bernama riset dan pendidikan tinggi, sehingga proses ini membutuhkan waktu yang sangat lama ? . biayakah ? persiapankah ? bukankah sebelum semua kegiatan dilakukan awalnya pasti ada penyusunan rencana anggaran yg saya tahu didalam RA itu terdapat waktu kegiatan rencana biaya . yang mungkin sudah disusun sedemikian rupa untuk kesuksesan kegiatan sesuai tujuan .

    saya rasa sama keluh kesah kita sesama peserta ppg . semoga ada kejelasan tentang PPG ini .
    terimakasih admin

    Reply
  • October 1, 2017 at 10:31 am
    Permalink

    Ramaikan medsos…..
    Mungkin di dengar pak de jokowi

    Reply
  • October 1, 2017 at 11:47 am
    Permalink

    kepada bapak admin, kami berterimah kasih sebab sudi kiranya masih mau membantu kami dalam mencari informasi ini. terkait kurang konsistennya ppg.ristekdikti dalam penyelenggaraan ppg prajabatan ini. sebenarnya apa sih maunya ristekdikti ini. apakah semua orang di dalammya begitu tega mengabaikan kami seperti ini.

    didalam web lapor.go.id pun sudah banyak yg melapor dan jawaban sama semua berisi seperti ini :
    Yth. Saudara Pelapor
    Terima kasih atas pertanyaan Saudara.
    Untuk bisa mendapatkan Informasi Program PPG bersubsidi dapat di lihat melalui :
    1. web : http://ppg.ristekdikti.go.id
    2. web LPTK – LPTK di seluruh Indonesia
    3. Melalui email sdvp.dibela@gmail.com
    Atas kerja sama dan kesabaran Sauadara, kami ucapkan terima kasih.
    Salam.

    kami mencari informasi dan semua hanya menyuruh kami bersabar, kami mampu bersabar tapi apa kalian bisa buat kami lulus semua, ??? karena kesabaran kami sudah banyak mengikis masa depan kami. penundaan kami melamar kerja untuk membantu orang tua, kini kami malah menjadi beban orang tua kami. kami bukanlah orang kaya pak admin, kami mau bantu penghidupan ibu dan bapak. tapi lamanya pengumuman ini bukan malah membantu ortu tapi menjadi beban ortu lah tepatnya kami saat ini. setelah itu ketika kami terus bersabar untuk menunggu pengumuman ini dan ternyatta di akhir penghujung penantian itu kami tidak lulus, tidakkah kalian bisa berfikir tentang sakitnya kami karena perlakuan kalian bapak ppg.ristekdikti. kalian seperti terlihat ingin memberikan mentari sebagai penerang hidup kami tetapi ketika dilihat lebih jelas API lah yang sedang kalian ingin bakar ke tubuh kami.

    di sela – sela penantian kami menunggu pengumuman ini, bukan kami tidak mau mencari kerja sampingan . tetapi kami takut setelah kami bekerja tak lama kalian hadirkan pengumuman ini dan kami lulus, inilah yang kami khawatirkan mengecewakan lembaga tempat kami bekerja, mereka akan bertanya konsisten kami dalam bekerja. sebab mereka pasti bertanya, ” kenapa baru 1 bulan kerja sudah berhenti kerja?? kalo kamu ujung – ujungnya mau keluar mending kamu tidak usah melamar disini ?” inikah yang kalian inginkan kami harus tebal wajah dengan semua ocehan orang.

    pak admin pak ppg.ristekdikti kami hanya butuh disegerakan pengumuman itu, agar kami tahu kemana kami harus melangkah. kemana kami harus membangun masa depan kami, kemana kami harus memperjuangkan hidup kami. itu saja.
    lihatlah kami tidak sedang sendirian menunggu ini, tapi kami banyak , banyak sekali. banyak kami sakit karena lamanya pengumuman ini.

    Reply
  • October 1, 2017 at 6:28 pm
    Permalink

    Iya ni dengar dengar juga pengumuman nya bakal diumumin thun depan blan februari masa iya tahun dpan baru diumumin, lama sekali wktu menunggu nya

    Reply
  • October 1, 2017 at 7:55 pm
    Permalink

    Horeeee DIKTI=FIRST TRAVEL….
    #selamat buat DIKTI

    Reply
  • October 1, 2017 at 10:09 pm
    Permalink

    Kenapa engga audiensi saja teman2 di jakarta dengan Dikti? koordinir rekan2, kan dekat.. masa iya kita mau dipermainkan seperti ini?

    Reply
  • October 2, 2017 at 8:06 am
    Permalink

    kalau pun ppg prajabatan bersubsidi 2017 batal dilaksanakan seharusnya ristekdikti harus memberikan konfirmasi/pernyataan, agar peserta tidak terus menunggu. Sehingga kami bisa melanjutkan hidup kami tanpa rasa penasaran…

    Reply
  • October 2, 2017 at 8:25 am
    Permalink

    Horeeeee……
    Selamat yeah buat DIKTI….
    pengganti FIRST TRAVELL

    Reply
  • October 2, 2017 at 8:58 am
    Permalink

    Utk merencanakan program pasti sudah ada rencana n anggaran yg matang. Jd problem sebenarnya apa http://www.ristekdikti.go.id ? Tolong paling tidak, bapak (siapapun yg termasuk panitia ppg prajab 2017) beritahu kami kapan sebenarnyaa jadwal pengumuman final ppg prajab yg PASTI.

    Reply
  • October 3, 2017 at 7:58 am
    Permalink

    Selamat pagi teman2….
    Kira kira solusi apa yang paling bagus untuk penundaan yang terus menerus ini..
    Jika tidak ditindaklanjuti maka tetap seperti ini.
    Pengumumannya tetap tidak akan keluar.sedangkan waktu dan biaya sudah banyak yg di keluarkan…
    Urus surat suratnya juga tidak gratis. Kita satukan persepsi untuk masalah ini
    Terimakasih…

    Reply
  • October 3, 2017 at 8:05 am
    Permalink

    Hallo teman teman yang nasibnya digantung tidak jelas..
    Mari kita samakan persepsi .
    Jika tidak sampai kucing bertanduk juga pengumumanmya tidak keluar…
    Solusi apa yang paling bagus agar keluhan kita bisa di tindak lanjuti…
    Kalau tidak maka hanya akan ada keluhan tentang program ini..
    Waktu dan uang sdah banyak di dikorbankan…
    Sekian dan terima kasih

    Reply
  • October 3, 2017 at 1:31 pm
    Permalink

    Pak jokowi aja gc merespond kegalauan calon mahasiswa Ppg, tapi pas Raisa sama bella menikah dibahass,,,

    Reply
  • October 3, 2017 at 1:58 pm
    Permalink

    Menurut info dri grup WA. Pengumuman kata ya dalam 2 hri ini. Paling lambat hari jum’at.

    Reply
  • October 3, 2017 at 6:23 pm
    Permalink

    Grup w.a apa ni kak?
    Aamiin, smg emg paling lambat jumat ini kita bisa dapat kepastian kelanjutan ppg prajabatan.

    Reply
  • October 3, 2017 at 6:28 pm
    Permalink

    Semoga benar ya ramli

    Reply
  • October 3, 2017 at 6:42 pm
    Permalink

    sampai hari jumat yaa? oke, kita lihat n tunggu aja, php lg pa gak, dusta lg pa gak, omong kosong lg pa gak, bisa dipegang gak kata”nya,

    Reply
  • October 4, 2017 at 5:13 am
    Permalink

    Sepertinya memang ada grup wa calon mahasiswa ppg prajab seindonesia setahu saya. Krn ada teman saya yg ikut. Ada teman saya yg ingin masuk grup tp sudah penuh katanya.

    Reply
  • October 4, 2017 at 6:40 am
    Permalink

    Semangat!
    Terus bersabar dan berdoa, kawan2
    🙂

    Reply
  • October 4, 2017 at 7:25 am
    Permalink

    Dapat dari group sebelah katanya paling lama hari jumat. Semoga aja benar dan semoga aja tidak ada hambatan dan alasan lagi

    Reply
  • October 4, 2017 at 7:28 am
    Permalink

    Ramly infonya dari mana…???
    Minta emailnya dong

    Reply
  • October 4, 2017 at 9:13 am
    Permalink

    Surat yg beredar dri Ristekdikti pendaftaran online yg lulus ppg dimulai 5 oktober 2017 untuk gel.1 jdi keemungkinan pengumuman keluar hri ini atau paling lambat bsok

    Reply
  • October 4, 2017 at 11:58 am
    Permalink

    KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
    DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN

    DAN KEMAHASISWAAN
    Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Senayan, Jakarta 10270
    Telepon: (021) 57946100, Faksimile: (021) 57946072
    Laman : www. belmawa.ristekdikti.go.id
    Pengumuman
    Penerimaan Peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi
    Tahun 2017
    Nomor: 685/B2/MI/2017

    Dengan hormat disampaikan kepada Bapak/Ibu Rektor/Pimpinan LPTK Penyelenggara Seleksi
    Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi Tahun 2017, bahwa dalam rangka
    menindaklanjuti Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor
    280/M/KPT/2017 tanggal 26 September 2017 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggara Program
    Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Pembelajaran telah menyelenggarakan rapat koordinasi
    dengan Tim Pusat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk menentukan namanama
    peserta
    yang
    dinyatakan
    lolos
    seleksi
    Program
    PPG
    Prajabatan
    Bersubsidi
    Tahun
    2017.

    Hasil

    Seleksi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi Tahun 2017,
    disampaikan dalam bentuk Daftar Nama Peserta, Program Studi, dan Perguruan Tinggi/LPTK
    tempat pelaksanaan pendidikan, yang dapat dilihat di laman ppg.ristekdikti.go.id. Keseluruhan
    jumlah peserta yang dinyatakan lolos seleksi dan diterima untuk mengikuti Program PPG
    Prajabatan Bersubsisi Tahun 2017/2018 sebanyak 4.661 (empat ribu enam ratus enam puluh satu)
    orang, yang dibagi menjadi dua kelompok, berdasarkan periode awal dimulainya kegiatan
    perkuliahan.

    a. Kelompok I, berjumlah 1.000 (seribu) peserta dengan awal kegiatan perkuliahan pada tanggal
    16 Oktober 2017.
    b. Kelompok II, berjumlah 3.661 (tiga ribu enam ratus enam puluh satu) peserta dengan awal
    kegiatan perkuliahan pada bulan Februari 2018.

    Para peserta PPG Prajabatan Bersubsidi Tahun 2017/2018 yang namanya tertera dalam daftar
    Kelompok I tersebut, diwajibkan melakukan registrasi online pada tanggal 5 sampai dengan
    10 Oktober 2017 dan segera lapor diri kepada Pengelola Program PPG Prajabatan Bersubsidi di
    LPTK terkait. Adapun waktu untuk lapor diri dapat dimulai pada tanggal 11 sampai dengan
    13 Oktober 2017, dengan membawa kartu peserta seleksi Bakat, Minat, dan Kepribadian (BMK),
    dan kelengkapan dokumen yang telah diunggah saat pendaftaran secara online. Untuk Kelompok
    II, jadwal registrasi online dan lapor diri akan diberitahukan menyusul di laman
    ppg.ristekdikti.go.id.

    Demikian pengumuman disampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
    Jakarta, 3 Oktober 2017
    Direktur Pembelajaran,
    Ttd
    Paristiyanti Nurwardani

    Reply
  • October 4, 2017 at 12:46 pm
    Permalink

    Sudah baca surat resmi ya teman2? Katanya dibagi dua periode. Pengumuman sepertinya malam ini atau besok. Alhamdulillah.

    Reply
  • October 4, 2017 at 3:21 pm
    Permalink

    Alhamdulillah, sudah dpt info valid dr belmawa.ristekdikti.go.id, semoga sukses ya teman teman.

    Reply
  • October 4, 2017 at 3:44 pm
    Permalink

    insyaallah semoga hal ini bukan angin anginan lagi

    Reply
  • October 4, 2017 at 4:17 pm
    Permalink

    kita ramaikan sja sosmed ristek dikti, biar gaduh, biar nyahuuuu!!!

    Reply
  • October 4, 2017 at 7:01 pm
    Permalink

    Sudah ada pengumumannya teman teman, mudah2an lulus semua

    Reply
  • October 4, 2017 at 10:35 pm
    Permalink

    Alhamdulillah lulus tahap 2
    Teman-teman yang lain bagaimana kabarnya?

    Reply
  • October 4, 2017 at 10:50 pm
    Permalink

    Alhamdulillah anak saya lulus PPG bersubsidi,,sudah pengumuman lo

    Reply
  • October 4, 2017 at 11:01 pm
    Permalink

    Trims admin,,karena banyak membantu kami dgn info nya selama ini,anak kami lulus PPG kolaborasi bersusidi,asal universitas unsyiah,pendidikan profesi guru ke lampung,terimakasih sekali lagi wasalam

    Reply
  • October 5, 2017 at 1:30 am
    Permalink

    Min,, ambil gk ya ppg ny soalnya s2 jg lgi on the way… Galau . Lgian ppg ne muara ny jg blon jelas kmn. Bs ksih info gk min?

    Reply
  • October 5, 2017 at 5:57 am
    Permalink

    Bagaimana hasilnya kawan2?

    Reply
  • October 5, 2017 at 8:15 am
    Permalink

    Kawan2 pengumuman sdh ada dn selamat yaa bwt kwan2 yg di nyatakan lulus.

    Reply
  • October 5, 2017 at 10:51 am
    Permalink

    pengumuman ppg prajabatan uda keluar, berharap menang tapi belum jodoh bisa mengikuti ppg.
    selamat teman-teman yang lolos.

    Reply
  • October 5, 2017 at 3:02 pm
    Permalink

    Mau tanya, registrasi onlinenya melalui web ppgristek atau web lptk?

    Reply
  • October 5, 2017 at 6:59 pm
    Permalink

    Saya mau mengucapkan selamat kepada teman2 yang sudah diterima dalam program ppg pra jabatan. Akhirnya pengumuman keluar juga. Terima kasih kepada admin yang dengar sabar menanggapi kami dan selalu memberi info up to date. Juga kepada teman2 semua yg selalu memberi info terbaru.

    Saya mau tanya kepada yang lolos, caranya registrasi online bagaimana ya?

    Reply
  • October 5, 2017 at 9:12 pm
    Permalink

    Iya Min, web ppg ristekdikti masih belum bisa diakses. Jadi peserta yg gelombang 1 masih belum bisa registrasi online… Barang kali siapapun disini bisa membantu Mohon bantuannya.
    Terima kasih…

    Reply
  • October 6, 2017 at 7:35 am
    Permalink

    Min, mohon infonya dong. Buat teman” sekalian. Apa ada yg sudah registrasi online utk gel 1? Registrasi melalui web ppgristek atau web lptk penyelenggara?

    Reply
  • October 6, 2017 at 10:01 am
    Permalink

    Registrasi online di web ppgristekdikti.go.id

    Reply
  • October 6, 2017 at 12:02 pm
    Permalink

    Registrasi online nya lgsung di web ppgristekdikti kak…untuk lapor diri nanti baru ke lptk tujuan ppg sesuai pengumuman
    Semoga bermanfaat

    Reply
  • October 6, 2017 at 6:02 pm
    Permalink

    Mau tanya, kira-kira konsekuensi mengikuti ppg apa ya?

    Reply
  • October 8, 2017 at 1:55 pm
    Permalink

    Teman” mesti login dulu di ppgristektikti dengan user name dan password masing” yang udah di punya,di dalamnya di nyatakan klo teman” lulus seleksi dan teman di minta untuk memilih mau mengikuti ppg atau membatalkan,,cukup dampai situ aja registrasi online, entr tgl 11-13 ke lptk buat lapor diri…. selamat mencoba

    Reply
  • October 9, 2017 at 1:04 pm
    Permalink

    teman pengymuman sudah ada silahkan cek website ppg

    Reply
  • October 23, 2017 at 5:12 am
    Permalink

    Min mau tanya itu yang keluar diweb ppg tentang uji pengetahuan ukmppg, ujian itu tu dilaksanakan untuk kami yg udah dinyatakn lulus kmren ya? Jadi awal msk kuliah nnti ada ujian nya lagi gitu?? Mksh min sblumnya

    Reply
  • October 23, 2017 at 8:36 pm
    Permalink

    Min mau tanya itu yang keluar diweb ppg tentang uji pengetahuan ukmppg, ujian itu tu dilaksanakan untuk kami yg udah dinyatakn lulus kmren ya? Jadi awal msk kuliah nnti ada ujian nya lagi gitu?? Mksh min sblumnyaa

    Reply
  • October 29, 2017 at 7:30 pm
    Permalink

    Min mau tanya ppg prajabatan diasramakan atau tidak,
    Terimakasih

    Reply
  • October 30, 2017 at 10:11 am
    Permalink

    Min mau tanya PPG Prajabatan diasramakan atau tidak?

    Reply
  • October 30, 2017 at 9:53 pm
    Permalink

    Halloo tiyur, peserta ppg glmbang prtama. Kami peserta PPG diasramakan selama pendidikan, karena ada penilaian kehidupan berasrama. Tapi tergantung jg kebijakan kampus, bila tidak ada asrama. Kemungkinan dicarikan kosan yang mau menampung seluruh peserta ppg selama setahun. Saya pun masih menunggu keputusan panitia utk tanggal pasti mulai berasrama, karena asrama yang akan digunakan sedang dipersiapkan segala keperluan dan fasilitasnya.

    Reply
  • October 30, 2017 at 9:57 pm
    Permalink

    Maksudnya, saya peserta PPG gelombang pertama.

    Reply
  • November 8, 2017 at 1:56 pm
    Permalink

    sebelum diasramakn,kamu kos sendiri?
    sekarang sudah mulai aktif perkuliahan belum

    Reply
  • December 6, 2017 at 4:39 am
    Permalink

    Selamat pagi, Saya mau tanya. .saya lulus ppg pra jabatan gel. 2 di Unkhair, sya tinggalnya di Sulut, boleh atau tidak saya pindah Univ/ LPTK ke UNG ??melihat jarak yg dekat. .mohon informasinya kalau boleh atau tidak

    Reply
  • April 9, 2018 at 11:50 am
    Permalink

    Saya mau bertanya. Yang di upload itu cm 3 berkas itu saja (ijazah, pas foto, transkip) apa semuanya?
    Terimakasih

    Reply

Leave a Reply