Perpustakaan Perguruan Tinggi menurut Para Ahli

Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang berada dalam sebuah perguruan tinggi atau yang sederajat. Apa tujuan, fungsi dan tugasnya? Berikut penjelasannya menurut para ahli.

Arti Perpustakaan Perguruan Tinggi

Menurut Sulistyo Basuki Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi, badan bawahannya maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tinggi, dengan tujuan utama membantu perguruan tinggi mencapai tujuannya.

Sedangkan menurut Sutarno (2003: 35) Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan perpustakaan yang berada dalam suatu perguruan tinggi dan yang sederajat yang berfungsi mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi, sedangkan penggunanya adalah seluruh civitas akademika.

Sebuah perpustakaan dapat dikatakan sebagai Perpustakaan Perguruan tinggi jika berada dalam sebuah perguruan tinggi atau yang sederajat, tujuannya untuk menunjang kegiatan perguruan tinggi.

Tujuan Perpustakaan Perguruan Tinggi

Prof. Sulistiyo Basuki dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Perpustakaan, 1999, mengemukakan tujuan perpustakaan perguruan tinggi antara lain:

  1. Memenuhi keperluan informasi masyarakat perguruan tinggi. Lazimnya staf pengajar dan mahasiswa sering pula mencakup tenaga administrasi perguruan tinggi.
  2. Menyediakan bahan pustaka rujukan (referensi) pada semua tingkat akademis. Artinya mulai dari mahasiswa tahun pertama hingga ke mahasiswa program pasca sarjana dan pengajar.
  3. Menyediakan ruang belajar untuk pemakai perpustakaan.
  4. Menyediakan jasa peminjaman yang tepat guna bagi berbagai jenis pemakai.
  5. Menyediakan jenis informasi aktif yang tidak hanya terbatas pada lingkungan perguruan tinggi tetapi juga lembaga induknya.

Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi

Mengapa harus ada perpustakaan di perguruan tinggi? Berdasarkan Buku Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang diterbitkan tahun 2004, ada 7 fungsi perpustakaan perguruan tinggi antara lain:

  1. Fungsi Edukasi
    Perpustakaan merupakan sumber belajar para sivitas akademika, oleh karena itu yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, pengorganisasian bahan pembelajaran setiap program studi, koleksi tentang strategi belajar mengajar dan materi pendukung pelaksana evaluasi pembelajaran.
  2. Fungsi Informasi
    Perpustakaan merupakan sumber informasi yang mudah diakses oleh pencari dan pengguna informasi.
  3. Fungsi Riset
    Perpustakaan mempersiapkan bahan-bahan primer dan sekunder yang paling mutakhir sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  4. Fungsi Rekreasi
    Perpustakaan harus menyediakan koleksi rekreatif yang bermakna untuk membangun dan mengembangkan kreativitas, minat dan daya inovasi pengguna perpustakaan.
  5. Fungsi Publikasi
    Perpustakaan selayaknya juga membantu melakukan publikasi karya yang dihasilkan oleh warga perguruan tingginya yakni sivitas akademika dan staf non-akademik.
  6. Fungsi Deposit
    Perpustakaan menjadi pusat deposit untuk seluruh karya dan pengetahuan yang dihasilkan oleh warga perguruan tingginya.
  7. Fungsi Interpretasi
    Perpustakaan sudah seharusnya melakukan kajian dan memberikan nilai tambah terhadap sumber-sumber informasi yang dimilikinya untuk membantu pengguna dalam melakukan dharmanya.

Tugas Perpustakaan Perguruan Tinggi

Menurut buku yang berjudul Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi di tahun 1999, menyatakan tugas perpustakaan perguruan tinggi adalah sebagai berikut:

  1. Mengikuti perkembangan serta perkuliahan dan menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pengajaran.
  2. Menyediakan pustaka yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas dalam rangka studinya.
  3. Mengikuti perkembangan mengenai program-program penelitian yang diselenggarakan di lingkungan perguruan tinggi induknya dan berusaha menyediakan literatur ilmiah dan bahan lain yang diperlukan bagi peneliti.
  4. Memutakhirkan koleksi dengan mengikuti terbitan-terbitan yang baru baik berupa tercetak maupun tidak tercetak.
  5. Menyediakan fasilitas yang memungkinkan pengguna mengakses perpustakaan lain maupun pangkalan-pangkalan data melalui jaringan lokal (intranet) maupun global (internet) dalam rangka pemenuhan kebutuhan informasi yang diperlukan.

Setiap Universitas harus mempunyai perpustakaan atau perpustakaan yang nyaman untuk belajar dan menyediakan buku-buku yang seru untuk fungsi rekreasi. Diperlukan kerja keras supaya tercapai harapan kita semua yakni agar masyarakat menjadi cerdas melalui Perpustakaan. Karena untuk mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi diperlukan data, informasi dan dokumentasi, Taman-taman Bacaan, Sudut-sudut Baca, Rumah Pintar, Mobil Pustaka dan sebagainya yang sesuai dengan fungsi, tujuan dan tugas perpustakaan Perguruan Tinggi.

 

Leave a Reply