Cara Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah melalui OJS

Publikasi artikel jurnal ilmiah melalui OJS merupakan proses publikasi jurnal ilmiah yang dilakukan secara online, mulai dari submit artikel sampai dengan publish jurnal ilmiah. Seluruh proses publikasi dilakukan melalui web jurnal ilmiah (OJS) dengan menggunakan browser internet (lnternet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan sejenisnya).

Proses Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah

proses publikasi artikel jurnal

Melalui gambar di atas, secara garis besar dapat dijelaskan bahwa publikasi artikel jurnal ilmiah dengan OJS dilakukan melalui lima alur proses. Kelima alur proses tersebut adalah submit artikel, proses review, proses editing, pengaturan issue (edisi jurnal), dan publikasi jurnal.

Dari kelima alur proses publikasi artikel jurnal ilmiah tersebut, setidaknya memerlukan empat peran user. Keempat peran user tersebut antara lain sebagai: Author, Editor, Section Editor, dan Reviewer. Ada pun alur proses publikasi artikel jurnal ilmiah dengan OJS dapat dijelaskan, sebagai berikut:

1. Submit Artikel (New Submission)

Submit artikel jurnal dilakukan oleh User dengan peran Author. Adapun untuk melakukan submit artikel, user terlebih dahulu harus login sebagai author dan meng-klik menu [New Submission] pada halaman User Home.

submit artikel pada publikasi artikel jurnal

Selanjutnya author dapat mengirimkan artikel jurnal dengan melakukan lima langkah berikut:

1) Starting the Submission

checklist submission

Langkah pertama memulai submit artikel adalah author melakukan pemeriksaan dan konfirmasi atas persetujuan dan pernyataan terkait artikel yang akan dikirim. Caranya dengan memberikan tanda centang (√) pada setiap submission checklist. Author juga bisa menambahkan komentar untuk Editor jika diperlukan. Selanjutnya klik Save and continue.

2) Uploading the Submission

upload naskah artikel

Langkah kedua adalah unggah file artikel jurnal. Seperti yang sudah diberi tanda centang pada submission checklist (langkah 1) di atas, salah satu checklist menjelaskan bahwa jenis (format) file yang dapat diunggah adalah OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file (pdf). Jika author sudah yakin artikel jurnal-nya sudah fix dan tidak akan di-edit lagi, boleh mengirimkan file artikel dengan format pdf, namun ini tidak dianjurkan.

Adapun cara untuk mengunggah file artikel jurnal adalah:
• Klik Pilih file untuk membuka window open;
Pilih file artikel jurnal yang akan diunggah;
• Klik Open pada window open pilih file.
• Klik button Upload untuk mengunggah file.
Save and Continue untuk menyimpan dan lanjut ke langkah berikutnya.

3) Entering the Submission’s Metadata

Setelah upload artikel jurnal selesai, langkah selanjutnya adalah Author mengisi metadata naskah artikel jurnal. Yaitu dengan memperhatikan beberapa cara berikut:

• Mengisi data lengkap Authors. Semakin lengkap pengisian metadata author, semakin memudahkan proses indexing / sitasi penulis.
Author yang namanya terdiri dari satu kata harap mengisikan namanya di last name. First name* dapat diisi dengan pengulangan Last name* atau diisi dengan titik atau hypen.

metadata author dalam publikasi artikel jurnal

• Jika dalam satu naskah artikel terdapat lebih dari satu penulis, maka penulis kedua dan seterusnya dapat ditambahkan dengan mengklik add author. Fungsi delete (hapus) author dapat ditemukan di akhir setiap kolom author.
• Naskah artikel dengan beberapa penulis dapat diatur urutan penulisnya dengan mengklik tanda panah naik turun (↑↓). Tanda panah tersebut akan mengubah posisi dari seorang penulis pertama, kedua, dan seterusnya.
• Setelah melengkapi metadata author, penulis harus melengkapi metadata artikel jurnal, yaitu mengisi judul dan abstrak artikel.

judul dan abstrak publikasi artikel jurnal

• Agar semakin memudahkan proses indexing artikel jurnal, isikan kata kunci yang sesuai dengan judul artikel jurnal dan kode bahasa (id=Indonesia; en=English; dan sebagainya).
• Memasukkan nama sponsor, jika ada.
• Isikan seluruh referensi atau daftar pustaka yang menjadi rujukan artikel jurnal.

referensi publikasi artikel jurnal

• Klik button Save and Continue untuk menyimpan dan lanjut ke langkah berikutnya.

4) Uploading Supplementary Files

mengunggah file tambahan artikel jurnal

Author dapat mengunggah file tambahan seperti instrumen penelitian, data penelitian, gambar atau tabel jika diperlukan. Caranya adalah dengan Klik Pilih file tambahan artikel jurnal yang akan diunggah, Klik button Upload untuk mengunggah file, dan isi metadata supplementary file. Save and continue.

5) Confirming the Submission

Finish Submission artikel jurnal

Terakhir, akan tampil ringkasan dari seluruh file yang telah di-upload. Untuk menyelesaikan submit artikel, klik Finish Submission.

Setelah melakukan lima langkah submit artikel, author dapat melihat status perjalanan naskah artikel dengan mengklik active submission pada user home.

active submission publikasi artikel jurnal

Pada halaman active submission, dapat dilihat status naskah artikel sedang awaiting assignment (menunggu penugasan). Lebih lanjut, status naskah artikel di proses reviewing atau editing dapat dilihat pada halaman ini juga.

2. Proses Review

Loading..

3. Proses Editing

Loading..

4. Pengaturan Issue

Loading..

5. Publikasi Jurnal

Loading..

Leave a Reply