Proses Pengajuan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT)

Akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) adalah proses penilaian terhadap institusi secara keseluruhan yang didasarkan pada standar akreditasi yang telah ditetapkan. Akreditasi dilakukan oleh BAN-PT terhadap semua perguruan tinggi di Indonesia. Tujuan dilaksanakannya akreditasi institusi perguruan tinggi adalah untuk mengetahui komitmen institusi terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen institusi.

Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi menggunakan SAPTO

Berdasarkan Surat BAN-PT No. 1041/BANPT/LL/2017 tentang Penerapan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online, bahwa BAN-PT akan melakukan asesmen akreditasi menggunakan SAPTO mulai tanggal 1 Juni 2017. Melalui SAPTO, perguruan tinggi dapat mengajukan usulan dua jenis akreditasi. Jenis yang pertama adalah Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (APT), sedangkan yang kedua adalah Akreditasi Program Studi (APS). Untuk mengajukan usulan akreditasi perguruan tinggi, pengusul perguruan tinggi dapat mengakses halaman pengajuan pada menu “Ajukan Akreditasi PT”.

pengajuan akreditasi institusi perguruan tinggi

Pada Halaman Pengajuan Akreditasi PT yang dapat dilihat pada gambar diatas, Perguruan Tinggi harus mengisi beberapa data berikut:

  1. Pengajuan akreditasi pertama atau reakreditasi (dalam bentuk pilihan)
  2. Nomor surat pengantar untuk pengajuan proses akreditasi yang dibuat oleh pimpinan institusi
  3. Tanggal surat pengantar untuk pengajuan proses akreditasi yang dibuat oleh pimpinan institusi
  4. Alamat dan kode pos untuk pengiriman sertifikat (SK) hasil akreditasi

Setelah mengisi data diatas, pengguna perguruan tinggi dapat mengajukan usulan dengan menekan tombol “Ajukan dan lanjut ke unggah berkas”. Jika data tidak bermasalah akan tampil halaman “Berkas Pengajuan” yang berisi status usulan dan data-data pengajuan.

Berkas Pengajuan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

Pada halaman “Berkas Pengajuan”, perguruan tinggi harus memeriksa kembali data yang sudah dimasukkan. Jika ada kesalahan, dapat melakukan perubahan dengan merubah data dan menekan tombol “Ubah Isian Diatas dan Klik Tombol ini untuk Merubah Isian Pengajuan”. (* jika dokumen sudah diterima BAN-PT, perubahan data tidak dapat dilakukan).

berkas pengajuan aipt

Pada halaman ini juga ditampilkan status pengajuan. Status pertama yang didapatkan ketika mengajukan usulan adalah “Submit dokumen”, artinya pengajuan ini sedang dalam status unggah dokumen. Jika semua dokumen belum diunggah, akan muncul status “Dokumen belum lengkap”. Jika dokumen belum lengkap, proses pengajuan belum bisa diperiksa dan diterima BAN-PT , serta belum bisa diberikan tanggal submit usulan.

Untuk melengkapi dokumen pengajuan agar dapat diperiksa SAPTO dan BAN-PT, pengusul harus mengunggah semua berkas kelengkapan dengan menggunakan tombol “Browse” pada menu “Pilih berkas baru” dan menekan tombol “Unggah”.

Jika semua dokumen persyaratan sudah diunggah, maka akan muncul tanggal submit usulan yaitu tanggal ketika semua dokumen persyaratan selesai diunggah.

Status Pengajuan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

Selama status pengajuan adalah “Submit Dokumen”, pengusul bisa merubah dan mengunggah ulang berkas, serta dapat juga membatalkan pengajuan.

Jika semua dokumen persyaratan sudah lengkap, SAPTO dan BAN-PT akan memeriksa kelengkapan dokumen. Dan jika dokumen sudah diperiksa, pengajuan akreditasi institusi perguruan tinggi tidak dapat dibatalkan. Namun jika BAN-PT menetapkan ada revisi, dokumen masih dapat diubah dan diunggah ulang.

Pemeriksaan dokumen dilakukan secara otomatis dan manual oleh SAPTO dan BAN-PT. Hasil pemeriksaan otomatis oleh SAPTO akan ditampilkan pada baris Borang Data Kuantitatif . Keterangan [Berhasil] jika dokumen yang diunggah sesuai template BAN-PT, dan [gagal proses] dengan keterangan sheet yang gagal jika dokumen ditolak. Untuk pemeriksaan manual oleh BAN-PT akan ditampilkan dalam bentuk status “Revisi Dokumen” dan Catatan BAN-PT.

Selama proses submit dokumen dan revisi, proses akreditasi belum dapat dilanjutkan ke proses berikutnya (asesmen kecukupan dan asesmen lapangan). Perguruan tinggi mesti memperbarui dokumen persyaratan dan melakukan unggah ulang sampai persyaratan dokumen diterima SAPTO dan BAN-PT. Ketika merubah dokumen, pengusul harus menuliskan ringkasan perubahan dokumen dalam Daftar perubahan dokumen. Dan jika dokumen sudah diterima, status usulan akan berubah menjadi “Menunggu proses AK”.

menunggu proses ak

Jika status sudah berubah menjadi “Menunggu proses AK”, dokumen tidak dapat diubah lagi dan perguruan tinggi hanya dapat menunggu sampai proses akhir akreditasi (keputusan hasil dari BAN-PT).

Daftar Pengajuan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

Untuk melihat status pengajuan yang sedang berlangsung, pengguna perguruan tinggi dapat melihat pada menu “Daftar Pengajuan”.

daftar pengajuan ak
Gambar Daftar Pengajuan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

Demikian catatan singkat dKampus tentang Proses Pengajuan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) menggunakan SAPTO, semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Sumber: Panduan Menggunakan SAPTO dari BAN-PT.

Leave a Reply