OJS: Solusi Pengelolaan Jurnal Ilmiah Online

OJS (Open Journal Systems) adalah sistem manajeman konten berbasis web yang dibuat khusus untuk menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah. Mulai dari proses call for paper, peer review, hingga penerbitan dalam bentuk online. OJS dikeluarkan oleh Public Knowledge Project dari Simon Fraser University dan berlisensi GNU General Public License. OJS memudahkan peran pengelola jurnal, editor, reviewer, penulis, dan pembaca.

Mengapa harus OJS ?

Jika bahasa tertulis adalah penanda peradaban sebuah bangsa. Maka publikasi ilmiah adalah tanda kemajuan olah pikirnya. Namun, rasio publikasi ilmiah per akademisi Indonesia yang masih rendah, tak serta-merta menandakan rendahnya output olah pikir bangsa ini. Tentu patut kita sayangkan ketika faktor ekonomi lah yang membuat ciut nyali para pengelola publikasi ilmiah yang berakibat lamban nya perkembangan dunia akademis Indonesia, terutama publikasi ilmiah. Kini universitas, pusat studi, atau lembaga riset yang ingin menerbitkan publikasi ilmiah dengan efisien bisa menggunakan OJS sebagai salah satu alternatif terbaik.

Scholars need the means to launch a new generation of journals committed to open access, and to help existing journals that elect to make the transition to open access…”
Budapest Open Access Initiative, 2002

OJS membantu dalam setiap tahap proses penerbitan naskah (artikel ilmiah), dari kiriman melalui publikasi online dan pengindeksan. Melalui sistem manajemen, pengindeksan berjalan secara halus dan berbasis penelitian, serta konteks nya tersedia untuk penelitian. Open Journal Systems berusaha untuk meningkatkan baik kualitas naskah ilmiah nya, penelitian maupun masyarakat akademisi.

Fitur OJS

OJS adalah perangkat lunak open source yang dibuat tersedia secara bebas untuk jurnal di seluruh dunia. Dengan tujuan untuk membuat akses terbuka penerbitan pilihan yang layak dan lebih untuk jurnal. Dengan akses terbuka dapat meningkatkan pembaca jurnal serta kontribusinya terhadap masyarakat dalam skala global. Adapun fitur dari Open Journal System adalah sebagai berikut:

  1. Dapat di-instal dan dikendalikan secara lokal.
  2. Editor dapat mengatur persyaratan, bagian isi konten, proses review, dll
  3. Tersedia pendaftaran dan pengelolaan semua konten secara online.
  4.  Modul berlangganan dengan pilihan penundaan atau akses terbuka.
  5. Pengindeksan komprehensif pada bagian konten dari sistem global.
  6. Tersedia Alat Pembaca untuk konten, berdasarkan bidang dan pilihan editor.
  7. Notifikasi email dan kemampuan komentar untuk pembaca.
  8. Konteks-sensitif Lengkap dengan dukungan Bantuan online.

Para cendekiawan membutuhkan sarana untuk mempublikasikan karya baru dari jurnal yang berkomitmen untuk membuka akses ilmu pengetahuan. Dan untuk itu lah OJS hadir, untuk membantu publikasi jurnal ilmiah yang dipilih sebagai sebuah transisi untuk membuka akses riset dan teknologi yang ada.

Leave a Reply