Pengertian dan Cara Mudah Membuat Infografis

Membuat infografis sendiri adalah percampuran antara skill desain, analisis informasi, dan storytelling yang merupakan kunci dari infografis yang maksimal. Infografis adalah representasi visual dari data secara grafis untuk menyampaikan informasi lengkap kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah, cepat, singkat, dan jelas. Infografis (penulisan yang benar adalah infografis dengan S, bukan infografik dengan K) berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information dan Graphics. Proses pembuatan infografis disebut data-visualization, information design, atau information architecture.

Menyampaikan informasi secara visual sudah dikenal sejak dahulu kala, seperti pada zaman manusia purba dimana terdapat banyak lukisan di dalam gua yang menggambarkan suatu kejadian. Saat ini, infografis ada di segala bentuk media, mulai dari hasil cetakan biasa, ilmiah hingga papan, peta, jurnalisme, penulisan teknis, pendidikan dan lain-lain. Infografis mengilustasikan informasi yang memiliki sedikit teks, dan berperan sebagai ringkasan informasi secara visual untuk konsep sehari-hari.

Melalui infografis, ilmuwan komputer, matematikawan dan statistikawan dapat mengembangkan dan menyampaikan konsep menggunakan suatu simbol untuk memproses data sehingga menghasilkan informasi secara visual (grafis).

Jenis-jenis Infografis menurut houseofinfographics:

Infografis Statis

Adalah infografis dalam bentuk gambar yang tidak bergerak. Seperti misalnya infografis pada media cetak ataupun website. Infografis ini adalah jenis infografis yang paling umum. contohnya: Infografis Ujian Nasional 2015, Infografis Asal Usul Nama Karakter Dragon Ball.

Infografis Animasi

Atau animated infographic adalah infografis dalam bentuk video animasi, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Infografis ini dapat digunakan pada televisi ataupun media online seperti YouTube atau Vimeo. Infografis animasi dapat lebih menarik karena selain elemen visual juga menggunakan motion (pergerakan) dan audio (musik/sound effect) yang dapat memperkuat informasi/pesan yang ingin disampaikan. Untuk membuat infografis animasi diperlukan keahlian yang beragam, seperti director, animator, illustrator, music artist, voice over, dll.

Infografis Interaktif

Adalah infografis yang ditampilkan pada website dan pengguna dapat berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan melalui user interface yang telah di-desain. Dengan infografis interaktif pengguna dapat sesuai keinginan mengeksplorasi informasi yang ingin didapatkan. Pada pihak pembuat infografis pun dapat merancang tampilan agar informasi yang disampaikan seefektif mungkin sesuai perilaku user. Untuk membuat infografis interaktif diperlukan keahlian seperti desainer, illustrator, UI/UX desainer, dan programmer. pada infografis interaktif programmer/developer memiliki peran yang penting agar infografis yang sudah didesain dapat berfungsi dengan maksimal dan tanpa masalah.

Membuat Infografis

Membuat infografis sendiri adalah percampuran antara skill desain, analisis informasi, dan storytelling. Ketiga komponen tersebut adalah kunci dari infografis yang maksimal. Namun, Cara mudah membuat infografis adalah dengan memanfaatkan layanan-layanan online yang khusus dibuat untuk memproduksi infografis. Beberapa layanan yang tersedia antara lain:

  1. Piktochart
  2. Easel.ly
  3. Visual.ly
  4. Infogr.am
  5. Venngage
  6. iCharts

 

Leave a Reply