Bagaimana Rancangan Penelitian Lebih Bermanfaat

Sebelum melaksanakan penelitian, terlebih dahulu harus dipersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penelitian. Segala rencana penelitian yang dituangkan dalam bentuk tulisan disebut rancangan penelitian. Rancangan penelitian sering disebut pula dengan disain penelitian. Desain penelitian berisi pokok-pokok perencanaan yang mencakup seluruh peneltian  yang tertuang dalam satu kesatuan naskah yang ringkas, jelas dan lugas.

Desain penelitian sangat diperlukan dalam penyelenggaraan penelitian. Rancangan peneltian mempunyai manfaat sebagai berikut :

  • Memberi pedoman yang lebih detail kepada peneliti dalam menyelenggarakan penelitian,
  • Memberikan rambu-rambu batasan dalam penyelenggaraan penelitian, sehingga penelitian lebih efektif dan efisien,
  • memberikan diskripsi (gambaran) yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan kesulitan apa yang dihadapi dalam melakukan penelitian.

Supaya rancangan penelitian lebih bermanfaat, maka desain penelitian harus memenuhi syarat sebagai berikut :

  • Sistematis, semua unsur yang termasuk dalam rancangan penelitian harus tersusun runtut dan logis. Misalnya desain penelitian diawali dengan judul, kemudian dilanjutkan dengan latar belakang dan masalah yang mendasari peneltian tersebut.
  • Konsisten, maksudnya harus terdapat kesesuaian di antara unsur-unsur dalam rancangan penelitian. Judul harus sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian.
  • Operasional, maksudnya segala yang terdapat di rancangan penelitian menggunakan bahasa operasional yang jelas dan lugas. Apa yang dicari, apa yang yang ditanyakan, sampel mana yang akan diukur dan sebagainya telah tercantum di dalamnya dengan jelas.

Aktifitas penelitian yang berlangsung untuk mencari kebenaran atau menjawab masalah penelitian tidak boleh berbeda dengan rancangan penelitian yang telah dibuat. Hal ini dikarenakan aktifitas penelitian, sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian yang akan dapat mencapai tujuan penelitian. Pada hakekatnya sebuah penelitian adalah pencarian jawaban dari pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya oleh peneliti. Selanjutnya hasil penelitian akan berupa jawaban atas pertanyaan yang diajukan pada saat dimulainya penelitian. Untuk menghasilkan jawaban tersebut dilakukan pengumpulan, pengolahan dan analisis data dengan menggunakan metode tertentu. Dalam proses aktivitas dalam memecahkan masalah inilah rancangan penelitian harus dipergunakan sebagaimana mestinya agar kegiatan penelitian dapat berjalan secara efektif dan efisien serta dapat menghindari kesulitan yang sekiranya akan ditemui peneliti dilapangan.

Leave a Reply