Strategi Promosi dalam Pemasaran

Pengertian Promosi

Willian J. Stanton (1991: 36) menyatakan, “Promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling dan alat promosi lain yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”.

Jerome Mc. Carthy (1993: 204) menyatakan, “Promosi adalah suatu komunikasi informasi antara penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli yang semula tidak mengenal, kemudian menjadi pembeli yang tetap mengingat produk tersebut”.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan strategi untuk menarik perhatian konsumen guna mencapai tujuan penjualan.

Program komunikasi pemasaran amat penting, karena:

  1. Dapat membantu pelanggan dengan informasi yang memperkuat kesadaran dan pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan
  2. Dapat mempengaruhi sikap dan keinginan pelanggan
  3. Bagi perusahaan, dapat mengatur proses produksinya secara efektif dan efisien.

 

Bauran Promosi

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller menyatakan bahwa bauran promosi terdiri dari 6 komunikasi utama, yaitu :

1. Iklan

Adalah setiap bentuk presentasi yang bukan dilakukan orang dan berupa promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang telah ditentukan.

2. Promosi penjualan

Adalah berbagai jenis insentif jangka pendek untuk mendorong orang mencoba atau membeli produk atau jasa.

3. Acara khusus dan pengalaman

Perusahaan mensponsori kegiatan dan program-program yang dirancang untuk menciptakan interaksi setiap hari atau interaksi yang berkaitan dengan merek.

4. Hubungan masyarakat dan pemberitaan

Berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.

5. Pemasaran langsung

Penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi langsung atau meminta tanggapan atau berdialog dengan pelanggan tertentu dan calon pelanggan.

6. Penjualan pribadi

Interaksi tatap muka dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan memperoleh pemesanan.

(Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2008: 204)

 

DAFTAR RUJUKAN:

  • Jerome McCarthy, ph. D dan William D. Perreault, Jr,ph. D. (1993). Dasar-dasar Pemasaran. (edisi ke-5). (Penterjemah: Ir. Agus Maulana MSM). Jakarta: Erlangga.
  • Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran.(Penterjemah: Benyamin Molan). Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.
  • William J. Stanton dan Y. Lamarto. (1993). Prinsip Pemasaran. (Edisi ke-7 Jilid ke-1). (Penterjemah: Yohanes Lamarto, S.E). Jakarta: Erlangga.

Leave a Reply