Sejarah Singkat dan Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan suatu bidang ilmu dalam rumpun Ilmu Ilmu Sosial yang tidak dipelajari setiap orang sedangkan dalam kenyataannya kegiatan ataupun tindakan ekonomi merupakan aktivitas yang selalu dan akan dilalui oleh setiap orang sampai pada akhir hidupnya. Sejarah singkat perkembangan ilmu ekonomi berawal pada tahun 1776 yaitu setelah Adam Smith (seorang ahli ekonomi dari Inggris yang dianggap sebagai “bapak ekonomi”) menerbitkan buku “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations”.

Sejarah Singkat Ilmu Ekonomi

Sebelum era Adam Smith sudah banyak sekali pemikiran tentang ekonomi bahkan dalam lingkup ekonomi makro yang membahas tentang perekonomi suatu Negara. Tapi sayangnya pemikiran tersebut tidak dikemukakan secara sistematis, pembahasan terbatas pada topic tertentu dan belum adanya analisis secara menyeluruh mengenai aspek kegiatan perekonomian dalam suatu masyarajat. Keterbatasan tersebut membuat analisis ilmu ekonomi masih dianggap sebagai cabang  ilmu yang belum mampu berdiri sendiri.

Dua abad setalah era Adam Smith terjadilah perkembangan yang sangat pesat terhadap bidang perekonomian dimana revolusi industri yang baru saja bermula pada saat itu telah berkembang menjadi industri canggih dengan teknologi yang jauh lebih berkembang. pertumbuhan dan modernisasi kegiatan ekonomi diberbagai Negara sangat mempengaruhi perkembangan pemikiran ekonomi  sehingga pada saat ini terdapat berbagai analisis dalam ilmu ekonomi yang sudah semakin komleks.

Secara umum analisis utama dalam ilmu ekonomi dapat dibedakan dalam dua bentuk yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro. Sebelum mengupas lebih dalam mengenai kedua analisis tersebut, sebaiknya kita memahami terebih dahulu mengenai pengertian ilmu ekonomi.

Baca juga:

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan sumber daya atau alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Manusia memiliki berbagai macam kebutuhan, kebutuhan merupakan segala sesuatu yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kehidupan dan apabila tidak dipenuhi maka akan dapat mengganggu aktivitas atau bahkan menghentikan kehidupan manusia. Contoh daripada kebutuhan adalah makanan, pakaian dan tempat tinggal. Kebutuhan dikatakan memiliki sifat yang tidak terbatas karena untuk dapat bertahan hidup manusia harus mampu memenuhi setiap kebutuhannya. Yang menjadi permasalahannya adalah bahwa alat pemuas kebutuhan yang sifatnya sangat terbatas dikhawatirkan tidak dapat memenuhi semua kebutuhan untuk semua manusia yang jumlahnya akan selalu berkembang. Karena masalah inilah muncul ilmu ekonomi yang merupakan buah pemikiran dari para ahli untuk mengelola sumber daya yang digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan yang bersifat sangat terbatas untuk memenuhi semua kebutuhan manusia yang sifatnya tidak terbatas.

Oleh: Heni Kuswanti

Leave a Reply