Memperbaiki Kebiasaan Belajar

Kegiatan yang sibuk membuat mahasiswa tidak memiliki pola belajar yang baik. Mereka sering menumpuk tugas dan belajar dengan sistem kebut semalam dalam menghadapi ujian.

Kebiasaan belajar yang buruk tersebut tentu akan berpengaruh pada nilai akademis yang didapat. Untuk itu, berikut beberapa tips memperbaiki kebiasaan belajar, seperti yang dikutip dari okezone.com, antara lain:

1. Belajar kelompok
Saat punya kebiasaan belajar yang buruk, saatnya mencari teman yang rajin untuk mengingatkanmu. Bentuklah kelompok kecil untuk belajar bersama. Motivasi belajar bisa tumbuh jika dilakukan secara bersama-sama.

2. Jadwalkan belajar
Buat jadwal untuk belajar. Tidak harus lama, yang penting teratur. Manfaatkan alarm di smartphone untuk menandai waktu belajar.

3. Cari cara belajar yang menarik
Supaya belajar efektif, kamu harus tau cara belajar yang menarik. Setiap orang tentu punya kebiasaan yang berbeda. Ada yang belajar sambil mendengar musik, ada yang harus berada di tempat yang tenang, dan ada juga yang belajar sambil membuat catatan. Temukan belajar seru versi dirimu.

4. Efisiensi waktu
Manfaatkan waktu sebaik mungkin. Saat ini para mahasiswa sering terganggu dengan smartphone dan internet saat sedang belajar. Akibatnya, kamu menghabiskan banyak waktu tapi yang dipelajari tidak mengalami kemajuan. Jauhkan segala sesuatu yang bisa mengganggu belajar.

5. Manfaatkan waktu luang
Gunakan waktu luang untuk mencicil tugas atau membaca materi kuliah. Dengan cara ini, belajar jadi lebih santai dan tidak terburu-buru.

 

Leave a Reply