Pemilihan Dosen Berprestasi Nasional 2015

Penghargaan sebagai dosen terbaik tingkat nasional diberikan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada Pemilihan Dosen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Berprestasi, Rabu (28/10/2015) malam di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Pemberian penghargaan tersebut merupakan kegiatan tahunan, dan telah berlangsung untuk ke-12 kalinya.

Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ali Ghufron Mukti menuturkan, dosen berprestasi tersebut dipilih dengan pertimbangan yang ketat. Dalam memilih para finalis hingga pemenang di tiap kategori, juri telah mempertimbangkan rekam jejak prestasi sang nominator.

“Misalnya untuk kategori dosen, prestasi akan dinilai dari bagaimana kualitas riset serta publisitas karya ilmiahnya, juga hibah-hibah yang dimenangkan dalam skala nasional maupun internasional,” jelas Ghufron.

Ia mengatakan, meski sudah berprestasi seorang dosen tetap harus produktif dengan karya ilmiahnya. Menurutnya, hal inilah yang membuat kampus layak disebut sebagai kampus kelas dunia.

“Saat ini, publikasi jurnal internasional kita sudah melampaui Vietnam dan Filipina, karenanya harus terus produktif agar kampus kita memiliki daya saing,” jelas dia.

Selain itu, dia menuturkan, pemberian apresiasi tersebut juga dilakukan untuk memotivasi peningkatan kinerja dosen dan juga tenaga kependidikan. Lebih dari itu, dia mengharapkan hal tersebut juga dapat menstimulasi dosen dan tenaga kependidikan lainnya untuk tergerak memperbaiki kinerja.

Adapun pemenang dari Pemilihan Dosen Berprestasi 2015 tersebut, adalah:
Juara 1: Budiwiweko, Universitas Indonesia
Juara 2: Deendarlianto, Universitas Gadjah Mada
Juara 3: Andri Dian Nugraha, Institut Teknologi Bandung

Leave a Reply