Pendidikan Tinggi

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang pendidikan tinggi adalah antara lain:

Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, program profesi, program spesialis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia.

Perguruan  Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi.

Program Studi  adalah kesatuan kegiatan pendidikan dan  pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode  pembelajaran  tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi, dan/atau pendidikan vokasi.

Pembelajaran  adalah proses interaksi mahasiswa  dengan  dosen  dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi.

Satuan Kredit Semester, yang selanjutnya disingkat sks, adalah takaran waktu kegiatan belajar yang di bebankan pada mahasiswa per minggu per semester dalam proses pembelajaran melalui berbagai bentuk pembelajaran atau besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kurikuler di suatu program studi.

Dosen  adalah  pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan  ilmu pengetahuan, teknologi  melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas.

One thought on “Pendidikan Tinggi

Leave a Reply